Gerakan Recycle More, Bank DBS Indonesia Ajak Generasi Milenial Peduli Lingkungan

44

JAKARTA-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menargetkan pengurangan sampah Indonesia sebesar 30 persen pada tahun 2025. Dalam upaya mendukung misi tersebut, Bank DBS Indonesia melaksanakan gerakan peduli lingkungan bernama Recycle more, Waste less yang bekerja sama dengan wirausaha sosial dan komunitas yang bergerak di bidang lingkungan, antara lain WWF – Indonesia, Waste4Change, Cleanomic, Zero Waste Indonesia, Evoware, dan Weekend Workshop.

Executive Director, Head of Group Strategic and Marketing Communications PT Bank DBS Indonesia, Mona Monika menjelaskan Recycle more, Waste less bertujuan untuk memberikan kesadaran peduli lingkungan kepada generasi milenial Indonesia untuk membawa perubahan dengan dimulai dari kebiasan sehari-hari.

“Melalui gerakan ini, Bank DBS Indonesia turut serta mengajak generasi milenial untuk berkomitmen mewujudkan lingkungan bersih sampah melalui tiga cara yaitu pledging di microsite Bank DBS Indonesia, go.dbs.com/id-rmwl, yang akan langsung terhubung ke media sosial. Setiap satu dukungan atau pledging akan dihargai senilai Rp1.000,00. Dana yang terkumpul kemudian akan digunakan untuk mendukung program edukasi dan pengentasan masalah sampah di Indonesia,” ujarnya.

Dia menjelaskan, terdapat tiga cara pledging yang dapat dilakukan untuk berpartisipasi dalam gerakan Recycle more, Waste less.

Pertama adalah dengan menekan pilihan ‘Dukung Sekarang’ yang juga akan terhubung langsung dengan media sosial pendukung dalam bentuk pledging.

Kedua, masyarakat dapat memilih dan men-download template pledging yang ingin mereka pilih pada website, meng-upload template ke media sosial yang dimiliki beserta pesan kebaikan yang tertera pada website dengan tagar #RecyclemoreWasteless #IndonesiaBersihSampah2025, dan membagikannya kepada tiga teman.

Ketiga, masyarakat juga dapat mendukung gerakan ini dengan mengunggah foto kreasi masing-masing dengan ketentuan yang sama dengan cara kedua.

“Masyarakat yang berkomitmen dalam mendukung gerakan Recycle more, Waste less dengan postingan terbaik berkesempatan untuk memenangkan paket #TravelForGood, sebuah pengalaman travelling sambil volunteering ke destinasi wisata di Indonesia untuk tiga orang pemenang,” tuturnya.

Selain itu, gerakan Recycle more, Waste less juga menghimbau masyarakat untuk melaporkan penumpukan sampah di sekitar yang selanjutnya akan diteruskan ke pihak terkait. Caranya adalah dengan lapor melalui Instagram atau Twitter dan sertakan tagar #RecyclemoreWasteless #IndonesiaBersihSampah2025 #(nama daerah)BersihSampah contoh: #JakartaBersihSampah. Sepuluh orang pemenang dengan like dan comment terbanyak dapat memenangkan hadiah bulanan Zero-Waste Kit.

“Gerakan Recycle more, Waste less melibatkan seluruh generasi di Indonesia terutama milenial untuk lebih kritis terhadap lingkungan sekitar seperti melaporkan penumpukan sampah yang ilegal. Mereka bisa mengambil foto, posting di media sosial mereka lalu tag location dan tag rekan wirausaha sosial kami, Waste4Change, yang juga bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk ditindak lanjuti. Melalui gerakan ini, kami sebagai institusi perbankan ingin mendukung program pemerintah yaitu Indonesia Bersih Sampah 2025 dengan mengajak masyarakat Indonesia khususnya generasi milenial untuk lebih memaknai hidup dengan cara peduli pada lingkungan,” ujar Mona Monika.

Mona menambahkan, perubahan tidaklah semata-mata dimulai dengan sesuatu yang besar dan menyulitkan tetapi juga dapat dilakukan dengan mulai melakukan kebaikan dan mengubah kebiasaan sedikit demi sedikit sehingga tentunya dampaknya pun akan terasa di kemudian hari dalam jangka panjang.