Jonan Instruksikan ERT ESDM dan PLN Segera Bantu Pemulihan Tsunami Selat Sunda

Monday 24 Dec 2018, 10 : 19 pm
by
Menteri ESDM, Ignasius Jonan

JAKARTA-Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menginstruksikan agar Emergency Response Team (ERT) Siaga Bencana ESDM dan PT PLN (Persero) segera terjun ke lokasi bencana tsunami untuk membantu pemulihan, baik evakuasi maupun kondisi ketenagalistrikan. Sebagaimana diketahui telah terjadi tsunami di wilayah Selat Sunda, hari Sabtu (22/12) pukul 21.27 WIB. Tsunami ini tidak dipicu oleh gempa bumi.

“Saya instruksikan agar 17 Emergency Response Team (ERT) Siaga Bencana ESDM, termasuk tim medis segera disebar ke lokasi-lokasi yang membutuhkan. Alat berat yang diperlukan serta penggunaannya berkoordinasi dengan BNPB dan Basarnas,” tegas Jonan, Senin (24/12).

Di samping ERT, pemulihan kondisi kelistrikan juga menjadi prioritas. Sambil menunggu kondisi kelistrikan pulih, Jonan juga menginstruksikan agar Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dibagikan di wilayah terdampak bencana.

“Tim PT PLN segera pulihkan kondisi ketenagalistrikan, termasuk Provinsi Lampung serta pulau-pulau terpencil, juga bekerjasama dengan Ditjen EBTKE untuk pendistribusian Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) dan Ditjen Ketenagalistrikan. Sementara Badan Geologi terus suplai data dan informasi tentang vulkanologi ke BMKG dan instansi Pemerintah terkait,” jelas Jonan.

Sebagaimana diketahui, pascatsunami di Selat Sunda, ERT Siaga Bencana ESDM langsung bergerak ke lokasi bencana untuk membantu pemulihan. Tim yang telah tiba di lokasi segera melakukan pemantauan dan melihat dampak yang ditimbulkan tsunami tersebut agar dapat menginformasikan kepada ERT Sektor ESDM lainnya bantuan apa yang menjadi prioritas untuk mempercepat pemulihan. Berdasarkan hasil asessment ERT Siaga Bencana ESDM yang lebih dahulu tiba di lokasi, diperoleh laporan bahwa area terdampak sangat luas. Oleh karena itu ERT ESDM Siaga Bencana diinstruksikan untuk segera bergabung.

Posko ESDM Siaga Bencana sendiri dibangun di Pulau Umang, bersebelahan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

DJBC Harus Pahami Kebutuhan dan Dinamika Dunia Usaha

JAKARTA-Kondisi global yang berubah sangat cepat menuntut aparatur sipil negara

Mensesneg: Komite Penanganan Covid-19 dan PEN Ibarat Gas dan Rem

BOGOR-Pembentukan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui