KEIN Sampaikan Rekomendasi Agar Pertumbuhan Ekonomi Bisa 7%

KEIN Sampaikan Rekomendasi Agar Pertumbuhan Ekonomi Bisa 7%

0
BERBAGI
Ketua KEIN Soetrisno Bachir didampingi jajaran anggota KEIN menyampaikan keterangan kepada wartawan, usai diterima Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (7/6) .

JAKARTA-Komisi Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah agar pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai angka 7%. Rekomendasi ini berdasarkan laporan hasil kajian strategis masalah ekonomi dan industri  “Sekarang kita melihat pertumbuhan ekonomi kita 4,9% sehingga kita pesimis, padahal dari resources yang ada, baik dari sumber daya alam, sumber daya manusia, maupun geografi Indonesia, itu memungkinkan pertumbuhan ekonomi kita tinggi dan berkualitas. KEIN memberikan masukan kira-kira tahun 2018 sudah bisa 7%, untuk itu perlu kerja keras dan ada acuannya untuk mencapai ke situ, atau syaratnya,” kata Soetrisno Bachir kepada wartawan menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (7/6).

Dalam pertemuan dengan Presiden tersebut, KEIN menyoroti masalah suku bunga perbankan. Meskipun saat ini suku bunga perbankan sudah rendah, namun sebenarya masih bisa ditekan lebih rendah lagi. “Untuk itu, KEIN mendorong akan suku bunga perbankan bisa lebih rendah lagi agar likuiditas yang ada di dunia usaha maupun masyarakat yang saat ini sedang kekeringan masih bisa mengalir lagi,” tuturnya.

Sementara itu, terkait masalah pangan, KEIN juga memberikan masukan-masukan agar harga pangan ditekan seredah mungkin. Caranya, dengan memotong mata rantai perdagangan yang begitu banyak.”Sebetulnya harga yang disampaikan oleh Presiden (daging Rp 80.000/kg, red) itu bisa dilakukan, apakah itu harga gula, daging, dsb. Asalkan, mata rantai distribusi dipangkas,” terangnya.