Mendag: SRG Instrumen Penting yang Pro Petani

Thursday 19 Sep 2013, 8 : 11 pm
by

SEMARANG-Pelaksanaan Sistem Resi Gudang (SRG)  di Indonesia merupakan instrumen penting karena dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah maupun nasional. Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, setelah membuka Seminar Nasional SRG di Semarang, Jawa Tengah, Kamis (10/9).

Menurut dia, pelaksanaan SRG merupakan sistem pembiayaan  perdagangan yang pro kepada petani. “Sistem Resi Gudang lahir sebagai salah satu instrumen yang memberikan payung hukum pemberian kredit oleh lembaga keuanganbaik bank maupun non-bank dengan jaminan hanya Resi Gudang, tanpa dipersyaratkan agunan lainnya,” jelas Mendag.

Sistem Resi Gudang, jelas Mendag, juga dapat meningkatkan pendapatan petani. Para pelaku usaha terutama petani dan UKM dapat menjadikan SRG sebagai instrumen  pemasaran untuk memperoleh harga terbaik dengan cara menunda penjualan komoditas pada saat musim panen raya dimana harga komoditas cenderung rendah melalui penyimpanan komoditasnya di gudang. SRG juga dapat berperan penting sebagai sarana penyimpanan logistik dalam prosesproduksi, distribusi, dan konsumsi.

Dalam Sistem Logistik Nasional, SRG dapat menjadi salah satu instrumen pengukuran ketersediaan stok nasional, khususnya terkait dengan bahan pangan seperti beras, gabah, dan jagung. Hal ini dimungkinkan karena data ketersediaan stok di setiap gudang SRG terintegrasi melalui suatu Sistem Informasi Resi Gudang (IS-WARE).

Dia berharap akan semakin terbuka wawasan pemahaman akan potensi dan pentingnya SRG di Indonesia dalam  peningkatan perekonomian daerah dan nasional. Sementara itu, Kepala Bappebti Sutriono Edi, menambahkan, “tujuan diselenggarakannya Seminar Nasional ini adalah untuk mendapatkan masukan dan dukungan dalam rangka percepatan  implementasi terhadap Sistem Resi Gudang sebagaimana yang diamanatkan dalam  UU No 9 Tahun 2011 tentang Perubahan atas UU No. 9 Tahun 2006 Tentang Sistem Resi Gudang

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ada 13 Proyek Kemenperin–UNIDO Senilai Rp 528 Miliar

JAKARTA-Proyek kerjasama Kementerian Perindustrian antara dan United Nations Industrial Development

Aliansi Gerak Tutup TPL Desak KPK Usut Manipulasi Pajak PT Toba Pulp Lestari

JAKARTA-Perjuangan Aliansi Gerakan Rakyat (Gerak) Tutup TPL agar PT. Toba