Peternak Sapi Dapat Kucuran Kredit BRI, Rp 60 Miliar

Thursday 1 Aug 2013, 1 : 18 pm
kompas.com

JAKARTA- Keberpihakan perbankan terhadap kalangan peternak makin tinggi. Setidaknya terlihat dari rencana PT Bank Rakyat Indonesia Tbk yang siap mengucurkan kredit sebesar Rp 60 miliar untuk 500 peternak sapi dan sejumlah petani sorgum (gandum) binaan PT Berdikari.  “Pembiayaan pada tahap awal sebesar Rp 60 miliar dan akan terus berkembang untuk ke depannya,”  kata Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) BRI, Djarot Kusumayakti di Jakarta, Kamis, (1/8).

Menuru Djarot, kredit ini merupakan bagian dari pembiayaan Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKP-E) pola kemitraan untuk pembiayaan kepada peternak sapi dan petani sorgum binaan PT Berdikari. Juga nilai kredit tersebut akan terus bertambah sesuai kebutuhan. “Pada prinsipnya kita siap tambah sesuai kebutuhan,” tambahnya usai menandatangi kerjasama dengan Dirut PT Berdikari Librato El Arif.

Lebih jauh kata Djarot, saat ini untuk Penyaluran KKP-E secara nasional masih dikuasai BRI dengan market share sebesar 65,61 persen dengan total kredit sebesar Rp 2,9 triliun. Sebagai informasi, pada akhir 2012 lalu saja, market share BRI untuk penyaluran KKPE secara Nasional mencapai 63,55 persen, atau sebesar Rp 2,46 triliun.

Sorgum sendiri adalah tanaman serealia yang potensial untuk dibudidayakan dan dikembangkan, khususnya pada daerah-daerah marginal dan kering di Indonesia.

Sebagai bahan pangan dunia, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, padi, jagung dan barley (ICRISAT/FAO, 1996). Tanaman sorgum sendiri telah lama dan banyak dikenal oleh petani Indonesia khususnya di daerah Jawa, NTB dan NTT.

Untuk skema penyaluran KKP-E Peternakan Sapi dengan PT Berdikari, menerapkan pola kemitraan inti plasma bersama peternak sapi potong, dengan fokus di wilayah Jawa Barat, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Timur, dan Nusa Tenggara Barat (Sumbawa). “Pengembangan pola kemitraan rencana ke depannya akan bermitra dengan 500 peternak sapi potong,” ujar Djarot.

PT Berdikari bertindak sebagai penjamin pasar (off taker) dan Penjamin kredit (Avalis) atas kelompok binaannya. Tak hanya itu, PT Berdikari juga melakukan pendampingan budidaya terhadap kelompok peternak. **can

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto/Foto: ekon.go.id

Koalisi Parpol Mulai Terbentuk, Akan Dinamis Saat Penentuan Capres- Cawapres

JAKARTA-Sejumlah partai sudah menjalin koalisi seperti Golkar, PPP, dan PAN

Holding Tambang Resmi Mulai Awal Desember 2017

JAKARTA-Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengatakan Holding BUMN Tambang