Raskin Terlambat, Warga Kota Probolinggo Resah

Monday 4 Mar 2013, 1 : 53 pm
by

PROBOLINGGO-Beras miskin (Raskin)  untuk warga miskin di Kelurahan  Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, untuk bulan Januari belum diterima warga. Padahal saat ini sudah memasuki bulan maret. Ketua LSM Gempa Wahyu Sumarjiyo,  mengatakan akibat keterlambatan itu, sejumlah warga resah. Karenanya, Wahyu meminta agar beras khusus orang miskin ini, segera dicairkan atau digelontorkan kepada yang berhak menerimanya.  Ia menambahkan, keterlambatan ini sudah dua kali terjadi, yakni pada bulan Januari dan Februari.

Menurutnya, raskin untuk Januari 2013, diterima pada pertengahan Februari. Wahyu belum bisa mengatakan, mengapa raskin terlambat. Sebab ia mengaku belum konfirmasi ke kelurahan setempat. “Kami besuk (hari ini, Red.) akan konfirmasi ke kelurahan. Menanyakan, mengapa bisa sampai terlambat,” ujar Wahyu , Senin (4/3).

Padahal, tambah Wahyu, sebelumnya yakni tahun 2013, pembagian raskin dari kelurahan tidak pernah terlambat. Biasanya, raskin tersebut, diterima warga pada pertengahan bulan dan paling lambat hingga akhir bulan. Jadi tidak sampai bulan berikutnya.  “Sekarang kok bisa terlambat. Kami harus tahu kenapa bisa seperti ini. Soalnya, banyak warga penerima raskin yang menanyakan  ke saya,” ujarnya.

Terpisah, Lurah Sukabumi  Neli, berterus terang hingga saat ini pihaknya belum menerima raskin dari Badan Pemberdayaan Masyarakat (Bappemas).  Ia mengaku belum ada kepastian dari Bappemas kapan beras miskin tersebut, datang. “Enggak tahu, apa hanya di kelurahan Sukabumi yang belum datang,” kata Neli.

Ia juga mengatakan tidak tahu pasti, mengapa raskin belum juga dikirim. Saat ditanya, apakah keterlambatan itu dikarenakan pihak kelurahan belum menyetor uang pembelian raskin ke Bappemas. Untuk soal itu Neli mengaku tidak tahu pasti. “Ya, kemungkinan ada beberapa RW yang belum menyetos ke sini,” terangnya.   

Tekait permasalahan itu, salah satu ketua RW mengiyakan, kalau pihaknya belum menerima raskin.  Setelah sempat ditanyakan ke salah satu pegawai di kelurahan, ketua RW itu, disuruh sabar menunggu. Gak ada alasan mengapa terlambat. Kami  hanya disuruh nunggu. Soalnya raskin dari Bappemas belum datang,” ungkapnya

Dijelaskan, tahun 2012, tidak pernah terlambat. Raskin setiap bulannya diterima sebelum tanggal 20. Akibat keterlambatan ini ketua  RT di wilayahnya, serta sebagian warganya, mempertanyakan hal tersebut. Saat ditanya, apakah keterlambatan itu dikarenakan uang pembelian raskin, belum disetor. Ketua RW itu mengaku sepuluh hari setelah menerima raskin, uang tersebut sudah dilunasi ke kelurahan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Hormati Nyepi, Tol Bali Mandara Sementara Ditutup

JAKARTA- Jalan Tol Bali Mandara yang menghubungkan Nusa Dua, Benoa

Total Simpanan Perbankan Mencapai Rp 4.279 Triliun

JAKARTA-Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) merilis data mengenai pertumbuhan total simpanan