Usul Impor Jagung, Gerindra Desak Mentan Diganti?

13

JAKARTA-Kalangan DPR Anggota Komisi VI DPR RI Abdul Wachid meminta Jokowi untuk mencopot Amran Sulaiman dari jabatannya selaku Menteri Pertanian (Mentan) saat ini. Hal tersebut dilontarkan Wachid saat menanggapi rencana Mentan yang akan import jagung sebanyak 100ribu ton.

“Sangat berbeda kalau kita Indonesia bisa menciptakan pakan ternak sendiri. Harga telur dan daging ayam akan murah terjangkau rakyat kecil. Jadi kalau mentan minta ijin impor jagung. Sudah lengkap, semua sektor pertanian gagal, Mentan wajib Ganti,” kata anggota Komisi VI DPR RI Abdul Wachid kepada wartawan di Jakarta, Kamis (08/10/2018).

Mentan, sambung Politisi Gerindra, seharusnya konsentrasi menciptakan swasembada pangan termasuk pangan untuk peternak ayam maupun unggas. Sebab, kata Wachid, Pekerjaan tersebut sesuai program Nawacita Presiden.

“Kalau mentan tidak berpikiran swasembada malah berpikiran import jagung atau impor pakan ternak ini artinya Mentan gagal dalam tugas sebagai Mentan,” tandas dia.

Menurutnya, Presiden Jokowi harus berani ganti Mentan sesuai pernyataannya dalam pidato Presiden yang menyatakan bahwa Menteri yang gagal akan di ganti. “Kita tunggu keberanian Presiden. Import jagung tidak menyelesaikan masalah peternak ayam maupun unggas,” tandas Ketua Asosiasi Pengusaha Tebu Republik Indonesia (APTRI) itu.

Menurutnya, mahalnya harga jagung saat ini karena melemahnya kurs Rupiah terhadap Dolar US yang berada dikisaran Rp 15.000. “Akibatnya harga telur harga daging ayam tetap mahal, rakyat tetap menjerit,” tegas dia.