Utang Meningkat, Pertamina Layani Pembelian Avtur Merpati Secara Tunai

Tuesday 28 Jan 2014, 7 : 25 pm
by

JAKARTA-PT Pertamina (Persero) menegaskan hanya dapat melayani pembelian Avtur bagi PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) apabila transaksi dilakukan secara tunai. Hal tersebut disebabkan oleh utang pembayaran Avtur Merpati kepada Pertamina yang terus meningkat dan kini telah mencapai sekitar Rp165 miliar.

Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengatakan bahwa terhitung sejak 15 Januari 2014, Pertamina hanya melayani pembelian Avtur dari Merpati apabila transaksi dibayar secara tunai.

Bentuk pelayanan ini harus ditempuh Pertamina mengingat perusahaan penerbangan tersebut telah dua kali melampaui batas maksimal komitmen untuk menjaga tingakat hutang pembayaran Avtur kepada Pertamina. “Sesuai dengan komitmen manajemen Merpati, mulanya batas maksimal utang adalah Rp100 miliar dan jika melebihi angka tersebut, maka secara otomatis pembelian Avtur dilakukan secara tunai,” jelas dia di Jakarta, Selasa (28/1).

Mengingat perlunya penerbangan ke wilayah Indonesia baian timur, sementara Merpati juga tidak bisa menepati komitmennya maka Pertamina lalu memberikan relaksasi batasan utang sampai maksimal Rp150 miliar. Namun, kembali hutang pembayaran Avtur Merpati terus meningkat. Sehingga komitmen batasan utang maksimal itupun terlampaui kembali, yang menunjukkan tidak adanya perbaikan upaya pembayaran utang kepada Pertamina. “Utang pembayaran Avtur Merpati kepada Pertamina saat ini mencapai sekitar Rp165 miliar sehingga mulai 15 Januari 2014 Pertamina memutuskan untuk hanya menerima pembelian tunai dari Merpati. Pasokan bukan dihentikan, tetapi Pertamina hanya melayani pembelian tunai, tidak lagi dengan utang baru kepada Merpati,” tegas Ali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Hatta: Pengabdian Terbaik Saya kepada Indonesia

JAKARTA-Mantan Mentri Kordinator Perekonomian, Hatta Rajasa menyampaikan ucapan terima kasih

Presiden: Vaksinasi Adalah Game Changer Pengendalian Pandemi

BOGOR-Presiden RI Joko Widodo mengajak semua pihak untuk bersikap optimistis