Wintor Produk Astra Otoparts Masuk Malaysia

Monday 31 Jul 2017, 5 : 52 pm
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (kanan) yang didampingi Menteri Perindustrian RI Airlangga Hartarto (kedua kanan) mencoba alat angkut perkebunan Wintor sambil berbincang bersama Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (keempat kanan) didampingi Presiden Direktur PT Astra Otoparts Tbk Hamdhani Dzulkarnaen (ketiga kanan). Presiden Joko Widodo menanyakan tentang bahan bakar Wintor seusai meresmikan Peluncuran Program Pendidikan Vokasi Industri Dalam Rangka Membangun Link & Match Industri dengan SMK di PT Astra Otoparts Tbk – Divisi Engineering Development Center, Cikarang, Jawa Barat (28/7).

CIKARANG-PT Astra Otoparts Tbk resmikan melakukan ekspor perdana unit Wintor ke Malaysia. Wintor merupakan alat angkut khusus perkebunan serbaguna karya anak bangsa dengan kandungan komponen lokal mencapai 86%. “Produk Wintor dibuat oleh PT Velasto Indonesia, yang merupakan anak usaha PT Astra Otoparts,” kata Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto saat meresmikan ekspor perdana Wintor ini yang didampingi Menteri Perindustrian Airlangga, Jumat (28/7/2017).

Dengan berbagai kelebihan yang dimilki, kata Prijono, Wintor siap untuk masuk di pasar internasional dengan membidik Malaysia sebagai negara dengan perkebunan kelapa sawit terluas kedua di dunia, setelah Indonesia. Malaysia diharapkan dapat menjadi pasar potensial ke depan untuk pemasaran Wintor.

Proses desain dan produksi Wintor saat ini dilakukan oleh PT Velasto Indonesia di fasilitas produksi di Cikarang dengan dukungan vendor, pemasok serta UKM Indonesia dengan kapasitas produksi bisa mencapai 3.000 unit per tahun. PT Astra Otoparts Tbk merupakan perusahaan pengendali PT Velasto Indonesia dengan kepemilikan 100% saham.

Hadir sebagai alat angkut khusus dengan konsep desain unit yang tepat guna, Prijono menambahkan Wintor diciptakan baik untuk lahan perkebunan dengan kontur tanah yang datar maupun berbukit. Selain itu, sebagai alat angkut serbaguna, Wintor dapat dikonversi ke berbagai aplikasi, baik di perkebunan maupun pertanian.

Sejak November 2013 hingga Saat ini, PT Velasto Indonesia telah memproduksi 1.177 unit Wintor yang tersebar di seluruh lokasi Indonesia. Kehadiran Wintor diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam mendukung program mekanisasi dan membantu meningkatkan efektivitas operasional dan produktivitas panen komoditas.

Wintor menggunakan mesin diesel 10 HP sehingga mampu mengangkut kelapa sawit dan hasil perkebunan lainnya dengan kapasitas sampai dengan 500 kg dan dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 0.5 liter per jam. Fitur ini menjadikan Wintor sebagai alat angkut khusus yang memiliki performa tinggi namun irit bahan bakar.

Suku Cadang Mudah Diperoleh Kelebihan lain yang dimiliki oleh Wintor adalah dari sisi ketersediaan dan kemudahan mendapatkan suku cadangnya. Produsen dan distributor Wintor sangat memerhatikan kesiapan operasional unit di kebun. Artinya apabila ada unit yang rusak, tidak membutuhkan waktu lama untuk menjadikan unit beroperasi normal kembali. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Laba Cardig  Aero Services Tumbuh 61,78% per September 2023

JAKARTA-PT Cardig Aero Services Tbk (CASS) membukukan laba Rp146,34 miliar

BI Perkuat Koordinasi Antar Otoritas Untuk Stabilitas Nilai Tukar

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) terus memperkuat koordinasi antar otoritas terkait untuk