Waspada Penipuan Mengatasnamakan BI

Friday 17 Apr 2015, 7 : 31 pm
by

JAKARTA- Bank Indonesia (BI) meminta masyarakat untuk berhati-hati dan waspada agar tidak terperdaya oleh segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan BI. Salah satu modus penipuan yang belakangan marak adalah permintaan dana/komisi/fee terkait dengan pencairan bantuan dari BI. “Dengan adanya modus penipuan yang mengatasnamakan BI atau pegawai BI, maupun menggunakan identitas BI, melalui media telepon, surat, sms, email, bbm, dan media komunikasi lainnya, kami harapkan masyarakat untuk berhati-hati dan waspada agar tidak menjadi korban penipuan,” ujar Direktur Ekseskutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/4).

BI mengendus modus penipuan dengan mengatasnamakan BI marak terjadi belakangan ini. Modusnya bervariasi mulai dari modus tepilih sebagai pemenang dalam undian berhadiah. “Ada juga permintaan sponsorship dalam bentuk emasangan iklan/uang/materi lainnya,” urainya.

Selain itu, modus penipuan lainya dalam bentuk permintaan menghadiri seminar/lokakarya/undangan lainnya dengan menarik dana partisipasi. “Dan ada pula permintaan data/informasi nasabah seperti nomor rekening bank, nama, dan spesimen tandatangan nasabah,” imbuhnya.

Tirta menegaskan bahwa hal tersebut adalah tidak benar dan merupakan tindakan penipuan dan penyalahgunaan nama BI oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk keuntungan dan kepentingan pribadinya. Pasalnya, BI tidak pernah menyelenggarakan kegiatan-kegiatan tersebut baik secara langsung maupun bekerja sama dengan pihak lainnya. Karena itu, BI tidak bertanggung jawab terhadap pihak-pihak yang dirugikan berkaitan dengan hal tersebut. “Untuk menghindari risiko atas hal-hal yang tidak diinginkan, apabila diperlukan kepada pihak-pihak yang mendapat permintaan tersebut dapat mengkonfirmasikannya terlebih dahulu kepada Departemen Komunikasi BI,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Upaya Kriminalisasi Terhadap Sudirman Said Dimulai

JAKARTA-Upaya kubu Ketua DPR, Setya Novanto melakukan serangan balik (counter

Jaring Wisatawan Lewat Musik, Ambon Bangkitkan Ekonomi Kreatif

AMBON-City of Music begitulah slogan Kota Ambon yang saat ini