Inspektorat Tangsel Tetap Proses Pelanggaran Etika Lurah Benda-Baru

Thursday 3 Sep 2020, 7 : 45 pm
by
ilustrasi

TANGERANG-Inspektorat Kota Tangerang Selatan, telah memeriksa perkara pelanggaran etika dan disiplin terhadap Lurah Benda-Baru, Saidun, yang melakukan pengerusakan dan perbuatan tidak menyenangkan dengan menendang meja di ruang Kepala SMAN3 Tangsel. 

Meski Polisi, telah menutup kasus itu, Pemkot Tangerang Selatan, akan tetap memproses pelanggaran etika dan disiplin yang dilakukan pejabat Lurah tersebut. 

Namun demikian, Kepala Inspektorat Tangsel, Uus Kusnadi enggan membeberkan hasil dari pemeriksaan inspektorat terhadap Saidun. 

“Sudah diinformasikan ke Ombudsman (pemeriksaan inspektorat),” ucap kepala Inspektorat Tangsel, Uus Kusnadi dikonfirmasi Kamis (3/9/2020). 

Saidun, kata Uus dipastikan melanggar etika dan disiplin pegawai yang sanksinya telah diatur dalam Peraturan Permerintah Nomor 55 tentang ASN. 

“Soal sanksinya, tim nanti yang akan memutuskan bukan inspektorat. Inspekektorat hanya memeriksa, memberi rekomendasi. Nanti tim yang diketuai oleh Sekda,” ucap Uus.

Uus menyebutkan, pelanggaran etika dan disiplin Saidun sebagai ASN Pemkot Tangsel, merupakan pelanggaran sedang. Yang sanksinya tidak sampai pada sanksi non job. 

“Pelanggaran PP tentang ASN. Kalau sanksi mengacu pada itu, nanti itu urusan tim. Kalau non job, pelanggaran berat jenisnya. Itu (Saidun) pelanggaran sedang,” ucap Uus

Kepala Ombudsman RI perwakilan Banten, Dedy Irsan menjelaskan, bahwa pihaknya telah menerima laporan pemeriksaan inspektorat terhadap Saidun. 

“Benar hasil pemeriksaan indpektorat sudah disampaikan ke Ombudsman, tapi masih menunggu keputusan Walikota Tangsel, terkait sanksi yang akan diberikan, nanti akan kami informasikan jika sudah ada perkembangan selanjutnya,” ucap dia.

Sebelumnya, Polsek Pamulang tidak melanjutkan penyidikan terhadap kasus Saidun, yang sebelumnya telah ditetapkan Polisi sebagai tersangka kasus tersebut. Polisi berdalih, pelapor SMAN3 Tangsel, telah mencabut laporan pidana atas kejadian itu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Investor Cemaskan Suku Bunga, Bursa Saham Wall Street Tergerus

JAKARTA-Bursa Saham Wall Street merosot tajam pada penutupan perdagangan Selasa (15/8/2023)

Harga Gula Bergejolak, Distributor Diminta Tak Menahan Barang

JAKARTA-Harga gula pasir meroket sejak satu bulan lalu, guna meredam