Ada 3 Waktu Lonjakan Penumpang Selama Nataru

Kamis 27 Des 2018, 1 : 08 am
by
Dirut Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin

TANGERANG-PT Angkasa Pura II Persero memperkirakan ada tiga waktu lonjakan penumpang pada peride Natal 2018 dan tahun baru 2019 kali ini.

Pada libur Natal 2018 ini, lonjakan itu terjadi pada 22 dan 23 Desember atau H-3 dan 2 natal, selanjutnya pada tanggal 28 dan 29 Desember 2018 untuk periode libur tahun baru 2019.

“Akhir tahun spikenya ada dua, kami perkirakan di atas tanggal 28 dan 29 itu akan terjadi spike ke dua, karena pergerakan masyarakat untuk libur akhir tahun. Spike ke tiga itu pada arus balik di perkirakan setelah tanggal 2 sampai 4 Januari 2019. Spike pertama itu kemarin tanggal 22 dan 23 Desember saat H-3 dan 2 Natal,” ucap Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhamad Awaludin, Rabu 26 Desember 2018 di konfirmasi.

Menurut Awaludin, jika dibanding periode yang sama tahun 2017 lalu, terjadi pola distribusi penumpang yang berbeda dengan angkutan penerbangan Natal tahun ini.

“Jadi kalau kita cermati, tahun ini lebih terdistribusi secara merata dibanding tahun sebelumnya, karena memang waktu libur yang terjadi cukup panjang.  Anak sekolah sudah libur tanggal 14 dan 15 Desember, jadi mereka sudah terbang lebih awal,” ucap Awaludin.

Perbedaan pola inj juga terlihat dari, lonjakan pergerakan penumpang yang terjadi pada H-3 dan 2 Natal. Berbeda dengan tahun sebelumnya yakni di H-1 Natal.

“Di samping itu, kita lihat juga moda-moda transportasi alternatif lain, dengan dibukannya Tol Trans Jawa. Begitu juga dengan kereta api, yang banyak peminatnya,” kata Awaludin.

Awaludin juga masih mencermati kondisi cuaca ekstrim dan erupsi Gunung Krakatau, terkait keamanan dan keselamatan penerbangan pada periode High season ini.

“Kondisinya semua masih dalam pantauan ketat kita, karena keberadaan operasi Bandara Soetta ini di wilayah Banten, jadi semua operasi nataru ini kita pantau.  Kita terus kordinasi dengan seluruh stake holder, terutama BMKG yang selalu update kondisi terkini dinamika cuaca, airnav juga untuk memonitor pergerakan pesawat,” bilang Awaludin. (Raja Tama)

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Enabler Export, BNI Maksimalkan Pengembangan UMKM Global Melalui BNI Xpora

JAKARTA-PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) terus mengukuhkan fokusnya

Kasatpol PP Sambangi Jatiasih Sosialisasikan Aplikasi SIPPP

BEKASI-Sebagai ujung tombak penegak Peraturan Daerah (Perda), Satuan Polisi Pamong