Anak Usaha Sido Muncul Lakukan Transaksi Afiliasi  Senilai Rp12,775 Miliar

Tuesday 13 Feb 2024, 4 : 50 pm
by
Ilustrasi

JAKARTA-PT Semarang Herbal Indo Plant (SHI), anak usaha PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO) atau disingkat Sido Muncul, melakukan transaksi afiliasi jual beli Stillage dengan PT Sido Muncul Pupuk Nusantara (SMPN) pada 12 Februari 2024.

David Hidayat, Direktur Utama SIDO, dalam keteragangan tertulis Selasa (13/2/2024) menuturkan, SMPN melakukan pembelian Stillage dari SHI senilai Rp12,775 miliar per tahun.

Stillage ini akan digunakan sebagai bahan untuk memproduksi pupuk dalam rangka menjalankan kegiatan operasionalnya yang berlokasi di Kawasan Industri Sido Muncul.

“Pertimbangan dilakukan transaksi ini adalah SHI dalam proses produksinya menghasilkan Stillage yang tidak terpakai atau limbah/waste sehingga dengan dibelinya Stillage oleh SMPN akan menguntung karena tidak membuang limbah,” katanya.

David menambahkan, Stillage yang dihasilkan SHI sesuai dengan spesifikasi bahan baku yang dibutuhkan oleh SMPN dengan harga yang sesuai dan lokasi yang berdekatan sehingga mempermudah pengangkutannya.

Sebagai informasi, SHI adalah anak usaha SIDO bergerak di bidang industri industri ekstraksi jamu dan herbal dengan kepemilikan saham sebanyak 99,99%.

Sedangkan SMPN bergerak di bidang industri pupuk dan perusahaan yang dikuasai oleh pihak yang sama dengan SHI.

Sebagian pengurus dan pemegang saham SMPN juga menjabat sebagai pengurus di SIDO sehingga merupakan transaksi afiliasi sesuai regulasi OJK dalam POJK 42/2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Laporan Keuangan Pertamina; Itu Hebat

Oleh: Salamuddin Daeng Mari kita lihat perbandingan laporan keuangan alhir

Generasi Millenial Denpasar Rayakan Momen Hari Pahlawan Dengan Aksi Donor Darah

DENPASAR-Nasionalisme tak sekedar diucapkan dengan kata-kata semata. Nasionalisme dapat diwujudkan