Asosiasi Usaha Harus Menjadi Panutan Kepatuhan Pajak

Tuesday 19 May 2015, 8 : 05 pm
by

JAKARTA-Direktorat Jenderal Pajak (DJP) meminta agar asosiasi usaha menjadi teladan dalam kepatuhan menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) dan dalam membayar pajak sesuai aturan. Kepatuhan pajak merupakan perwujudan semangat Undang-Undang Perpajakan dan upaya pemerintahan baru dalam mewujudkan program Nawa Cita yang ke-7, yaitu “Mewujudkan Kemandirian Ekonomi Dengan Menggerakkan Sektor-Sektor Strategis Ekonomi Domestik.”

Permintaan tersebut disampaikan Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2 Humas) Direktorat Jenderal Pajak, Mekar Satria Utama dalam acara silaturahim pimpinan DJP dengan para pengurus asosiasi di Kantor Pusat DJP Senin (18/5).

Dalam kesempatan tersebut, Direktur P2 Humas juga menyampaikan bahwa DJP siap bersinergi dengan asosiasi-asosiasi melalui pembentukan Tax Center yang diharapkan dapat menyebarkan informasi perpajakan yang jelas, benar, dan dapat dipercaya baik berasal dari Direktorat Jenderal Pajak maupun dari knowledge sharing para anggota asosiasi.

Silaturahmi dengan para pengurus asosiasi merupakan upaya DJP dalam menciptakan sinergi dengan asosiasi untuk meningkatkan kepatuhan perpajakan. Tantangan utama dalam menghimpun pajak yang kita hadapi saat ini adalah masih rendahnya tingkat kepatuhan dalam membayar dan melaporkan pajak dari masyarakat, Saat ini, pajak yang berhasil dihimpun oleh DJP masih berasal dari setoran pajak yang dilakukan oleh segelintir Wajib Pajak dari total WP yang terdaftar.

Berdasarkan data DJP, jumlah Wajib Pajak Orang Pribadi non Karyawan yang wajib menyampaikan SPT adalah sebanyak 2.736.317 orang. Dari jumlah tersebut yang menyampaikan SPT baru sebesar 637.403 orang atau sekitar 23%. “Kepatuhan masyarakat yang masih rendah di bidang perpajakan ini harus ditingkatkan agar penerimaan dari sektor perpajakan dapat meningkat sehingga dapat digunakan untuk lebih banyak membangun infrastruktur ekonomi dan sosial. Diperlukan partisipasi seluruh komponen masyarakat untuk lebih cepat mewujudkan Indonesia yang modern, kuat, aman dan sejahtera,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pemerintah Gandeng Pengusaha Uni Eropa Hadapi Diskriminasi Sawit

JAKARTA-Pemerintah menggandeng dunia usaha asal Uni Eropa (UE) untuk ikut
PDI Perjuangan

Puan: Perlu Cara Khusus Tangani Penularan COVID-19 di Desa

JAKARTA-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Puan Maharani,