Bank DBS Indonesia Luncurkan IDEAL RAPID

JAKARTA-IDEAL RAPID (Real Time Application Programming Interface oleh DBS) mengintegrasikan pemrosesan secara real time pembayaran, piutang, dan pencarian informasi tentang alur kerja bisnis nasabah, miemfasilitasi transaksi bisnis di jaringan (ekosistem) mereka.

Pemenuhan transaksi real time tidak hanya meningkatkan efisiensi untuk klien kami dan penghematan biaya, tetapi juga memberikan pengalaman nasabah, yang belum pernah terjadi sebelumnya, yang akan menempatkan nasabah kami sebagai pemimpin pasar dalam industri mereka.

IDEAL RAPID, yang tersedia di enam pasar utama DBS di seluruh Asia, telah mendapatkan momentumnya sebagai solusi digital masa depan bagi nasabah Korporasi PT Bank DBS Indonesia. Dalam waktu kurang dari satu tahun sejak diluncurkan di Indonesia, lebih dari 15 pelanggan telah menggunakan solusi itu, mencakup berbagai industri: dari usaha rintisan (startup), e-commerce, teknologi finansial (fintech), asuransi, perusahaan pembiayaan (multifinance), kesehatan, manufaktur dan lain-lain.

Dalam memberikan solusi kepada nasabah korporasi, DBS menerapkan metodologi 4D – Discover (Menemukan), Define (Merumuskan), Develop (Mengembangkan), Deliver (Menyediakan). DBS bersama-sama dengan nasabah menciptakan solusi, bukan memaksakan solusi kami ke dalam alur kerja nasabah.

Guna mendukung pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia dan tujuan DBS menjadi Bank Digital pilihan Indonesia, PT Bank DBS Indonesia memulai kerja sama dengan Bukalapak (BL), di mana aktivitas utama dari solusi IDEAL RAPID tersebut adalah pembayaran DBS Real-Time Online (RTOL). Dengan ini, BL dapat memenuhi kebutuhan akses aktivitas transaksi 24/7 secara langsung.

“Pada masa lalu, kami harus menyediakan sumber daya pada akhir pekan untuk menyiapkan dokumen pembayaran dan melaksanakan transaksi. Dengan solusi digital DBS RAPID RTOL, kami tidak perlu lagi melakukan hal tersebut karena semua dilakukan secara otomatis oleh sistem. Mitra penjual kami dapat mengajukan permohonan pembayaran kapan saja dengan menggunakan aplikasi Bukalapak mereka dan akan segera menerima dana tanpa hambatan,” ujar Natalia Firmansyah, Chief Financial Officer Bukalapak.

“Bukalapak telah memulai perjalanan digital dengan DBS Indonesia, yang telah mengubah cara pembayaran dilakukan kepada penjual kami, dari pembayaran intraday menjadi pembayaran online real-time 24 jam sehari, tujuh hari sepekan. Selain itu, kami juga dalam proses menyelaraskan sistem kami dengan kemampuan DBS RAPID: Validasi Rekening Bank, Informasi Saldo Bank, Aktivitas Akun dan Konfirmasi Kredit,” jelasnya.

Sementara itu, Iwan Rusli, Head of Global Transaction Service, PT Bank DBS Indonesia menjelaskan permintaan industri perbankan sekarang didasarkan atas pengembangan dan penerapan tiga pilar: Digitalisasi, Kecepatan, dan Interkonektivitas.

Bersama-sama, pilar-pilar itu menawarkan pengalaman digital efisien kepada nasabah, yang tercermin dalam solusi IDEAL RAPID. Solusi inovatif tersebut memungkinkan nasabah korporasi mengembangkan bisnis mereka dan menggabungkan layanan perbankan ke dalam prasarana inti atau aplikasi mereka secara mulus dan real-time menggunakan Application Program Interface (API).

“Itu kelebihan utama IDEAL RAPID untuk nasabah korporasi,” kata Iwan Rusli.