Barito Renewables Energy Patok Harga IPO Rp780 per Saham, Raih Dana Segar Rp3,13 Triliun

Wednesday 4 Oct 2023, 11 : 05 am
IPO
ILustrasi

JAKARTA-PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) menggelar penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) sebanyak 4,015 miliar saham pada 3-5 Oktober 2023.

Jumlah tersebut sebesar 3% dari total saham BREN setelah IPO saham dengan nominal Rp150 per unit.

Direksi BREN mengemukakan dalam informasi tambahan yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (4/10), saham BREN ditawarkan Rp780 per unit.

Dari IPO ini, BREN akan memperoleh tambahan modal Rp3,13 triliun.

Menurut Direksi BREN, seluruh dana yang diperoleh dari IPO saham, setelah dikurangi seluruh biaya emisi saham, seluruhnya akan digunakan oleh BREN untuk penyetoran modal kepada STAR melalui pengambilan bagian atas saham baru yang akan diterbitkan oleh STAR.

Seluruh dana yang telah masuk sebagai setoran modal dari BREN akan digunakan oleh STAR untuk dua keperluan.

Pertama, membayar sebagian utang fasilitas B kepada Bangkok Bank Public Company Limited (Bangkok Bank) sekitar USD127,83 juta.

Kedua, memenuhi kewajiban pembayaran kepada Star Energy Oil and Gas Pte. Ltd. (SEOG) dan BREN sebagai pelaksanaan dari Perjanjian Penunjukan dan Penggantian Biaya yang telah ditandatangani oleh BREN, STAR dan SEOG tertanggal 3 Juli 2023 (Perjanjian Penunjukan dan Penggantian Biaya) dan Surat Perseroan tertanggal 25 Agustus 2023, perihal Penunjukan STAR sebagai Pemegang Saham ACEHI (Surat Perseroan).

Adapun rincian kewajiban pembayaran berdasarkan Perjanjian Penunjukan dan Penggantian Biaya dan Surat Perseroan adalah kewajiban pembayaran kepada SEOG sebesar USD66,50 juta, kewajiban pengembalian uang muka kepada Perseroan sebesar USD6 juta.

“Dana yang diperoleh BREN dari pemenuhan kewajiban oleh STAR akan digunakan oleh BREN untuk modal kerja, termasuk untuk pembayaran gaji, biaya jasa profesional dan biaya sewa,” tuis Direksi BREN.

Saham calon emiten di aktivitas perusahaan holding ini akan dicatatkan dan mulai diperdagangkan di BEI pada 9 Oktober 2023.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan pernyataan efektif untuk IPO BREN pada 29 September 2023. (ANES)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BNI Syariah

Dukung Kemajuan Pendidikan, BNI Syariah Gelar Pelatihan Platform Sekolah Pintar

JAKARTA-BNI Syariah bekerjasama dengan PT Teknologi Kartu Indonesia meluncurkan platform

AXSE Salurkan 200 Paket Bantuan Bagi Warga Terdampak Virus Corona

PRINGSEWU-Virus Corona atau Covid 19 yang mewabah di dunia menimbulkan