BEI Suspensi MSIN, Empat Saham Masuk Radar Pemantauan

Thursday 30 Dec 2021, 8 : 26 pm
Untuk target pencatatan Efek baru di 2022 adalah sebanyak 68 Efek, yang terdiri dari pencatatan saham, obligasi baru dan pencatatan efek lainnya yang meliputi ETF
Ilustrasi

JAKARTA-PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memutuskan untuk memberikan sanksi penghentian sementara (suspensi) atas perdagangan saham PT MNC Studios International Tbk (MSIN).

Sanksi ini dijatuhkan karena saham perusahaan ini mengalami kenaikan harga kumulatif secara signifikan.

Menurut Kepala Divisi Pengawasan Transaksi BEI, Endra Febri Styawan dalam Pengumuman Bursa yang dikutip Kamis (30/12), pemberian sanksi suspensi terhadap transaksi MSIN tersebut berlaku di pasar regular maupun pasar tunai mulai Sesi I perdagangan Kamis, 30 Desember 2021.

“PT Bursa Efek Indonesia memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham PT MNC Studios International Tbk,” ucap Endra.

Dia mengatakan, Bursa mengimbau kepada pihak-pihak yang berkepentingan untuk selalu memperhatikan keterbukaan informasi yang disampaikan oleh MSIN.

Sebagaimana diketahui, pada penutupan perdagangan kemarin (29/12) harga MSIN tercatat senilai Rp2.480 per saham atau mengalami lonjakan signifikan dibanding harga penutupan di perdagangan Senin, 29 November 2021 di level Rp494 per saham.

Selain memberikan sanksi suspensi terhadap MSIN, saat ini BEI sedang mencermati perkembangan dari pergerakan saham FPNI, BLUE, TAYS dan PGLI yang mengalami pergerakan harga secara tidak wajar.

Saham FPNI dan PGLI mengalami kenaikan harga kumulatif yang berada di luar kebiasaan (unusual market activity/UMA, sedangkan BLUE dan TAYS juga masuk ke dalam daftar UMA karena mengalami penurunan harga secara tidak wajar.

Namun, kata Endro, pengumuman UMA ini tidak serta-merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal.

Saat ini Bursa sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham FPNI, BLUE, TAYS dan PGLI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Tingkatkan Nilai Keekonomian, PUPR Revitalisasi Danau

JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sejak tahun 2016

Prospek Ekonomi Indonesia 2020 Terjaga

JAKARTA-Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo optimis prospek ekonomi Indonesia