Beri Kuliah Mahasiswa Unair, Ketua DPD RI Bedah Cita-cita Bangsa Sesuai Konstitusi

Senin 20 Nov 2023, 5 : 07 pm
AA Lanyalla Mahmud Mattalitti

Apalagi jika kita tarik lebih jauh lagi ke dalam praktik pembangunan yang justru bukan mengentaskan kemiskinan, tetapi malah memindahkan kemiskinan.

Atau malah menghasilkan konflik agraria yang berakibat terjadinya pelanggaran HAM oleh aparat pemerintah.

Terkait hal tersebut di atas, kita bisa meninjau dari pelaksanaan Proyek Strategis Nasional yang menurut catatan Lembaga Konsorsium Pembaruan Agraria justru memicu peningkatan secara signifikan jumlah pelanggaran HAM akibat penanganan konflik agraria di lapangan.

Dikatakan LaNyalla, konflik agraria yang berujung pelanggaran HAM juga terjadi di sektor-sektor perkebunan, kehutanan dan pertambangan.

“Semua ini dipicu oleh lemahnya keberpihakan pemerintah kepada penduduk atau warga negara, tetapi lebih berpihak kepada kepentingan investasi oleh swasta nasional maupun asing,” tegas LaNyalla.

Menurutnya, kajian terhadap keadilan hukum dalam perspektif pembangunan ini tentu juga menarik untuk dipelajari lebih dalam dari sisi hak asasi manusia oleh para Juris di Fakultas Hukum.

Oleh karena itu, LaNyalla berharap para Juris, khususnya di Fakultas Hukum Universitas Airlangga dapat memberikan telaah kritis dan masukan kepada pemerintah, terkait kewajiban pemenuhan hak asasi manusia, yang sejatinya menjadi kewajiban, seperti tertuang di dalam naskah pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, yang merupakan tujuan dan cita-cita lahirnya bangsa dan negara ini.***

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Soal Rumah DP 0%, Sandiaga Terkesan “Istimewakan” Karyawan Bank

JAKARTA-Masyarakat Jakarta yang berpenghasilan Rp7 juta/bulan bisa menikmati rumah murah

Kronologi Kemenangan Indonesia Atas Gugatan Churchill Mining dan Planet Mining

JAKARTA-Pemerintah Indonesia memenangkan perkara gugatan “Churchill Mining Plc dan Planet