Bermitra dengan Chevron dan Mubadala Energy, PGEO Jajaki Peluang Panas Bumi di Kotamobagu

Friday 17 Nov 2023, 10 : 36 am
Area Lahendong Pertamina Geothermal Energy

JAKARTA-PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO), emiten bidang panas bumi dari hulu/hilir mengumumkan kerja sama dengan Chevron New Energies International (Chevron) dan Mubadala Energy untuk melakukan Joint Study Agreement (JSA) untuk mengeksplorasi potensi panas bumi di Kotamobagu, Sulawesi Utara.

Hal itu dikemukakan Julfi Hadi, Direktur Utama PGEO dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (17/11).

Penandatanganan JSA tersebut dilaksanakan dilaksanakan Senin (13/11/2023), bersamaan dengan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Amerika Serikat, dan disaksikan oleh Deputi Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman & Investasi, Jodi Mahardi, Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani, Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati dan Country Manager Chevron Indonesia, Wahyu Budiarto.

Julfi mengemukakan, JSA ini bertujuan untuk memanfaatkan kekuatan dan pengalaman yang saling melengkapi dari ketiga perusahaan, yaitu PGE sebagai penghasil dan pemegang kapasitas panas bumi terbesar di Indonesia, kemampuan Chevron yang luas sebagai perusahaan energi multinasional yang berkomitmen untuk menyediakan energi yang andal dan ramah lingkungan, serta rekam jejak Mubadala Energy dalam menyediakan energi yang andal dan efisien untuk Indonesia dan komitmen untuk berperan aktif dalam transisi energi sebagai perusahaan energi internasional terkemuka.

Perjanjian tersebut memberikan kerangka komprehensif untuk melakukan kajian bersama pengembangan Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Kotamobagu. Perjanjian ini selaras dengan pengumuman Pemerintah Indonesia baru-baru ini yang menargetkan penambahan kapasitas terpasang panas bumi sebesar 3,3 gigawatt (GW) sebelum akhir tahun 2030,” katanya.

Listrik panas bumi yang diproduksi di Kotamobagu dapat menyediakan sumber energi ramah lingkungan untuk memasok pasar domestik di Indonesia dan berpotensi menjadi pasokan listrik bagi produksi hidrogen atau amonia rendah karbon.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Puan Minta ‘Banteng’ Tak Ciut Hadapi Kelompok yang Ingin Pecah Belah PDIP

WONOGIRI-Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Bidang Politik Puan Maharani meminta
pengumuman UMA ini tidak serta-merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal

Harga Naik Tak Wajar, BEI Soroti Pola Transaksi Saham ARKA

JAKARTA-PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengaku sedang mencermati perkembangan pola