BI: Keyakinan Konsumen Masih Tinggi

Wednesday 4 Mar 2015, 2 : 06 pm
by

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa keyakinan konsumen pada Februari 2015 masih kuat. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Februari 2015 tercatat sebesar 120,2, sama dengan bulan sebelumnya. Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (4/3).

Dari sisi komponennya, jelasnya relatif stabilnya IKK didorong oleh peningkatan optimisme konsumen terhadap kondisi saat ini yang dapat mengimbangi penurunan optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan mendatang.

Hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga pada Mei 2015 masih dalam tren menurun, dengan penurunan terbesar terjadi pada kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan. “Selain itu, tekanan kenaikan harga pada 6 bulan mendatang (Agustus 2015) juga diperkirakan menurun dari bulan sebelumnya seiring dengan kembali normalnya permintaan pasca Hari Raya Idul Fitri,” ucapnya.

Sementara itu, sejalan dengan melemahnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan mendatang, responden memperkirakan peningkatan jumlah tabungan pada 6 bulan akan melambat dari bulan sebelumnya. Hal ini terindikasi dari penurunan indeks perkiraan jumlah tabungan 6 bulan mendatang sebesar 2,9 poin dari indeks bulan sebelumnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Desa Wisata Bugisan Masuk ADWI 2022, Sandiaga: Berpotensi Ciptakan Jutaan Lapangan Kerja

KLATEN-Kemenparekraf telah berkolaborasi dengan sejumlah mitra strategis seperti Astra, BCA,

BNI Life Apresiasi 76 Paskibraka, Beri Jaminan Asuransi Jiwa

JAKARTA-PT BNI Life memberikan 76 polis asuransi produk Optima Group