BI: Keyakinan Konsumen Meningkat pada Agustus 2015

Wednesday 2 Sep 2015, 8 : 23 pm
by
Ilustrasi

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan bahwa tingkat keyakinan konsumen pada Agustus 2015 meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2015 yang naik 2,7 poin dari bulan sebelumnya menjadi 112,6.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara menjelaskan, peningkatan IKK tersebut didorong oleh meningkatnya kedua komponen pembentuknya, yaitu Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK), yang masing-masing naik sebesar 2,4 poin dan 3,1 poin dari bulan sebelumnya.

Hasil survei juga mengindikasikan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga kembali meningkat pada November 2015. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang tercatat naik 10,6 poin menjadi 155,0. “Peningkatan tekanan kenaikan harga tertinggi diperkirakan terjadi pada kelompok bahan makanan dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau,” ujar Tirta dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (2/9).

Sementara itu, jelasnya, sejalan dengan membaiknya ekspektasi penghasilan, responden memperkirakan peningkatan jumlah tabungan 6 bulan mendatang lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Hal ini terindikasi dari indeks perkiraan jumlah tabungan 6 bulan mendatang (Februari 2016) yang tercatat naik 6,1 poin dari bulan sebelumnya menjadi 129,7.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Aburizal Bakrie: Golkar Solid, Golkar Menang 2024

JAKARTA-Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie (ARB) meminta seluruh

Kemenperin Tingkatkan Daya Saing Kawasan Industri

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama dengan pemerintah daerah terus mendorong pengembangan