BII Sukma Awards Lahirkan Pengusaha Perempuan Berani, Independen dan Inspiratif

Rabu 22 Mei 2013, 1 : 06 pm
by
Linda Gumuelar

Ketiganya berkesempatan berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan para finalis BII Sukma Awards.

“Melalui BII Sukma Awards kami mencoba menerapkan prinsip asah, asih dan asuh, dalam  mendukung kemajuan pengusaha perempuan sejak fase pemula, dengan mendidik, mencintai dan membina.   Mendidik dengan meningkatkan pengetahuan pengusaha perempuan secara berkelanjutan.  Mencintai dengan mendukung penyediaan produk dan layanan perbankan secara berkelanjutan.  Dan, membina dengan berupaya meningkatkan kapasitas dan daya saing sehingga dapat meningkatkan taraf kewirausahaan ke tingkat yang lebih baik lagi,” kata Dato’ Khairussaleh.

Menurut Dato’ Khairussaleh, BII Sukma Awards merupakan inisiatif yang sejalan dengan misi BII humanizing financial service, dimana BII dalam melakukan ekspansi usaha maupun inisiatif sosial kemasyarakatan, selalu berupaya untuk berada di tengah-tengah komunitas dengan menjadi bagian dan tumbuh bersama-sama dengan komunitas, termasuk komunitas perempuan.

Direktur Perbankan UKM BII menambahkan, perempuan merupakan segmen yang dapat memberikan kontribusi besar bagi pemberdayaan ekonomi.

“Sebagai lembaga intermediasi, kami juga mencoba memfasilitasi melalui kemitraan strategis dengan kelompok usaha mikro lain, baik yang digagas pemerintah maupun institusi lain, sejalan dengan kebutuhan pengusaha perempuan akan informasi, jaringan serta akses permodalan,” jelasnya.

Dukungan yang diberikan BII bagi upaya peningkatan kewirausahaan perempuan di Indonesia memperkuat posisi BII sebagai bank yang memperhatikan kebutuhan perempuan.

BII memiliki produk-produk unggulan untuk perempuan terutama BII Sukma (Solusi Usaha Kecil & Menengah Wanita) yang merupakan fasilitas pinjaman untuk memenuhi kebutuhan modal kerja atau investasi untuk pengusaha perempuan dan tabungan BII Woman One.

Kehadiran produk unggulan BII ini lahir dari meningkatnya peran strategis perempuan di lingkungan bisnis, kehidupan sosial maupun pengelolaan keuangan keluarga.

Dalam program tanggung jawab sosial perusahaan “BII Berbagi”, dengan dukungan Maybank Foundation, BII juga melaksanakan inisiatif pemberdayaan wanita melalui micro financing dengan memberikan dukungan dana bergulir sebesar Rp1 miliar kepada Yayasan Mitra Dhuafa (Yamida).

Selanjutnya, melalui koperasi yang dimilikinya, Koperasi Mitra Dhuafa (Komida),   fasilitas micro financing tersebut kemudian disalurkan kepada 1.250 perempuan di tiga target area, mencakup Jonggol (Jawa Barat), Sragen (Jawa Tengah) dan Kulon Progo (Yogyakarta).  Dana bergulir ini selanjutnya akan dimanfaatkan bagi pengembangan usaha mikro seperti kerajinan, makanan, dan lain-lain.

 

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

G-20 Pandang Perekonomian Global Semakin Membaik

JAKARTA-Perekonomian global telah menunjukkan indikasi perbaikan. Indikasi perbaikan ekonomi global

Mobil Murah Tinggal Tunggu Teken Presiden

JAKARTA-Kalangan industri otomotif dibuat bingung pemerintah. Lantaran  hingga saat ini