Bisnis Prostitusi Erat Dengan Kemiskinan

Wednesday 27 May 2015, 5 : 59 pm

JAKARTA-Wakil Ketua Komite III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fahira Idris menegaskan Peraturan Daerah  (Perda) bisa menekan menjamurnya prostitusi dan lokalisasi yang saat ini marak. Dengan Perda, maka tanpa harus menunggu proses panjang sesuai perintah UU. Apalagi selama ini hukuman yang diterapkan lebih ringan, sehingga tidak berdampak efek jera terhadap lelaki hidung sebagai pengguna, mucikari maupun pelaku. “KUHP (kitab undang-undang hukum pidana) ternyata tidak membuat efek jera karena sanksi hukumnya ringan,” katanya di Jakarta, Rabu (27/5/2015).
Menurutnya, untuk mucikari yang tertangkap hanya dihukum tiga bulan. Sementara yang lainnya tidak jelas. Seharusnya seperti Inggris, Australia, Perancis, Amerika Serikat dan negara maju lainnya yang mempunyai aturan dan sanksi hukum yang tegas.
Diakui Fahira, perempuan yang menjadi pelacur mayoritas akibat kemiskinan dan pendidikan yang rendah. Khususnya anak-anak baru gede (ABG) di kota-kota besar, yang lingkungan sosialnya penuh kehidupan gemerlap, maka memilih sebagai jalan pintas. “Mereka menjadi korban atau mengorbankan diri untuk melacur, agar mendapat uang besar dan bisa hidup mewah, hedonis dan sebagai gaya hidup, life style’ serta untuk memenuhi kebutuhan hidup lainnya,” terangnya.
Karena itu kata Fahira, lokalisasi prostitusi juga bukan sebagai solusi efektif, dibanding Perda seperti dilakukan oleh Walikota Bandung, Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Nangroe Aceh Darussalam. Sedangkan di Dapilnya sendiri di Jakarta, Fahira Idris memberi hadiah (reward) pula Rp 100 ribu bagi yang menemukan praktek pelacuran dan dilaporkan kepada aparat kepolisian. “Di Mampang, Jakarta Selatan saja terdapat 75 titik rawan prostitusi tersebut,” pungkasnya. (cea)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

IPO

Tetapkan Harga Rp100/Saham, IPO FUTR Bisa Raup Dana Rp127,8 Miliar

JAKARTA-PT Lini Imaji Kreasi Ekosistem Tbk (FUTR) menetapkan harga penawaran

Puan: Pasar Wujud Nyata Ekonomi Rakyat

MANADO-Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan revitalisasi Pasar Jengki Bersihati,