BRI Siapkan Dana Tunai Rp 6,84 Triliun di Jabodetabek

JAKARTA-PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah menyiapkan stok dana tunai untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat akan layanan perbankan pada saat Hari Raya Idul Fitri 1436 H / 2015 M. Total dana yang disiapkan sebesar Rp 27,56 triliun, meningkat jika dibandingkan tahun lalu, yaitu dari sebesar Rp 24,49 triliun. Dari angka tersebut, sebesar Rp 20,18 triliun di lebih dari 21 ribu ATM Bank BRI dan Rp 7,38 triliun untuk kebutuhan kas harian di Unit Kerja Operasional (UKO) di seluruh Indonesia selama periode 10 Juli 2015 sampai dengan 24 Juli 2015.

Dikutip dari laman bri.co.id, dari sekian triliun dana yang disiapkan, sebagian besar dana tersebut didistribusikan di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Meski Jakarta akan sepi pada saat libur Hari Raya karena ditinggal mudik sebagian besar penghuninya, persediaan dana tunai untuk area Jabodetabek justru mengalami peningkatan dibandingkan 2014 yang lalu, yakni dari Rp 6,32 triliun menjadi Rp 6,84 triliun. Karena secara history, tingkat perputaran uang di area tersebut menunjukkan trend yang selalu meningkat meskipun dalam kondisi libur panjang hari raya.

Baca :  BI Klaim Cadangan Devisa Relatif Stabil

Terkait dengan layanan operasional selama libur panjang hari raya, Bank BRI akan tetap mendukung layanan transaksi perbankan dengan menyiagakan 453 UKO-nya. Untuk melayani seluruh transaksi nasabah, BRI tetap beroperasi di beberapa tempat selama H-7 hingga H+7 Hari Raya Idul Fitri. Di antaranya, kegiatan weekend banking dan holiday banking yang dilaksanakan pada tanggal 16, 19, 20,  dan 21 Juli oleh 10 UKO BRI. Sedangkan kegiatan kliring RTGS dilaksanakan pada 21 Juli 2015 di 119 UKO BRI.

Sementara itu, kegiatan untuk layanan nasabah dan nasabah inti kerjasama BRI diantaranya penerimaan pembayaran pembelian BBM dan non-BBM dari SPBU atau Pertamina, dan sebagainya dilaksanakan pada tanggal 16, 18, 20 dan 21 Juli 2015 di 235 UKO di seluruh Indonesia (selindo). Untuk layanan transaksi penerimaan pembayaran SIM, STNK, dan BPKB, akan dilaksanakan pada tanggal 16, 20, dan 21 Juli di  299 UKO. Sedangkan layanan untuk transaksi di rumah sakit yang beroperasional 24 jam di 8 UKO.

Baca :  Transaksi Modal dan Finansial Triwulan II Surplus US$2,5 Miliar

Sehubungan dengan meningkatnya aksi kriminalitas yang biasa terjadi baik menjelang maupun pada saat hari raya, Bank BRI tak lupa mengingatkan nasabahnya agar selalu waspada. Pada saat mengambil uang tunai baik saat bulan puasa dan Idul Fitri pun nasabah diminta agar selalu berhati-hati serta agar mengambilnya dalam jumlah sewajarnya sesuai kebutuhan, mengingat saat ini BRI telah menyediakan ATM dalam jumlah banyak yang tersebar di seluruh Indonesia.

Selain itu, untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi dan menghindarkan diri dari aksi kriminalitas, BRI menyarankan nasabah agar melakukan transaksi secara non tunai, baik melalui fasilitas e-channel, e-banking maupun dalam bentuk uang elektronik BRI yaitu BRIZZI.

Baca :  BI Siapkan Pembentukan Central Counterparty di Indonesia