Canggih, Ini Modus Pembobolan ATM di Tangsel

Monday 7 Jun 2021, 4 : 49 pm
by
Ilustrasi

TANGERANG-Pelaku pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM), yang diamankan petugas keamanan Universitas Terbuka, Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel), menggunakan modus tak biasa dalam aksi pembobolan uang di mesin tersebut.

Dua dari tiga orang pelaku berinisial RS,HY telah berhasil diamankan.

Sementara pelaku A, masih diburu Polisi. Dari pelaku, Polisi menyita belasan Kartu ATM BRI Simpedes dan 4 buah kartu ATM Britama.

Kanit Reskrim Polsek Pamulang Iptu Iskandar menerangkan, pihaknya masih memburu terduga pelaku A, yang merupakan sindikat pelaku kejahatan asal Sumatera.

Dia mengakui, aksi bobol ATM yang dilakukan komplotan itu,

“Modus (bobol ATM) tersebut masih jarang,” ungkap Kanit Reskrim Polsek Pamulang, Iptu Iskandar dikonfirmasi, Senin (7/6/2021).

Dia menjelaskan, dalam modus pembobolan uang di mesin ATM itu, pelaku menggunakan kartu ATM resmi miliknya, untuk mengambil uang di mesin ATM seperti biasanya.

Namun, ketika uang berhasil diambil dari dalam mesin ATM, saldo dari kartu ATM pelaku, tidak berkurang.

“Dia menggunakan ATM miliknya untuk tarik tunai, namun di rekeningnya tidak berkurang. Sepertinya pernah kejadian juga modus seperti itu, memang masih jarang,” jelas dia.

Kanit Reskrim Polsek Pamulang ini juga menyatakan bahwa, ada teknis khusus, yang dipelajari komplotan pelaku dalam membobol uang di mesin ATM tanpa mengurangi saldo di ATM miliknya itu.

“Mereka punya teknik khusus. Polanya sama ketika kita ingin mengambil uang di ATM. Tapi, setelah proses penghitungan uang di mesin ATM selesai, kemudian mesin ATM akan terbuka. Bersamaan dengan itu colokan atau kabel listrik yang menghubungkan dari CPU ke mesin ATM di cabut, sehingga mesin ATM mati,” ungkapnya

Maka bersamaan dengan itu, maka mulut pengeluaran uang mesin ATM tersebut terbuka dengan sendirinya, dan pelaku dengan teknik yang dipelajari berhasil mengambil menggunakan kawat yang telah disiapkan.

“Selanjutnya uang yang sudah siap diambil menggunakan kawat yang telah disiapkan, uang yang berhasil diambil oleh pelaku tidak mengurangi saldo di rekening yang telah di ambil melalui kartu ATM BRI milik pelaku,” terang dia.

Sebelumnya diberitakan, satpam Kampus tangkap dua pelaku pembobol ATM, satu masih buron.

Don't Miss

BNI Syariah Sosialisasikan Perencanaan Persiapan Berhaji ke Pegawai PT PP (Persero) Tbk

JAKARTA-BNI Syariah melakukan edukasi perencanaan berhaji dengan masa antrian lebih
SAHAM

IHSG Rawan Profit Taking

JAKARTA-Bursa AS kembali bergerak menguat semalam memfaktorkan mundurnya Lawrence Summers