Cetak SDM Industri Otomotif Mahir Digital Lewat LeMMI 4.0

Friday 18 Aug 2023, 12 : 20 pm
by
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Masrokhan

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong laju kinerja industri otomotif karena sebagai salah satu sektor yang mendapat prioritas pengembangan sesuai peta jalan Making Indonesia 4.0.

Sebab, selama ini industri otomotif mampu memberikan kontribusi yang besar bagi perekonomian nasional.

Pada kuartal II tahun 2023, industri otomotif tumbuh sebesar 9,66 persen, lebih tinggi dibanding kinerja industri pengolahan nonmigas yang tumbuh mencapai 4,56 persen (y-o-y).

Industri otomotif juga telah menyerap tenaga kerja langsung sebanyak 38 ribu orang, serta lebih dari 1,5 juta orang yang bekerja di sepanjang rantai pasok otomotif dari tier-1 sampai tier-3.

“Guna mendukung kemajuan industri otomotif agar lebih berdaya saing, diperlukan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten. Dalam hal ini, Politeknik STMI Jakarta, salah satu unit pendidikan vokasi di bawah binaan Kemenperin, memiliki program studi terkait industri otomotif,” kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Masrokhan di Jakarta, Jumat (18/8).

Kepala BPSDMI menjelaskan,peran Politeknik STMI Jakarta bukan hanya mencetak SDM industri otomotif unggul, namun juga siap menghadapi perkembangan era industri 4.0.

“Kami telah menerapkan secara konkret kurikulum terkait teknologi industri 4.0 dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, industri pengguna lulusan poltek STMI ini mendapatkan kualifikasi lulusan yang telah dibekali kompetensi Industri 4.0,” paparnya.

Masrokhan juga mengemukakan, BPSDMI Kemenperin telah menjalin kerja sama dengan The Association for Overseas Technical Cooperation and Sustainable Partnerships (AOTS) untuk menjalankan program Lean Monozukuri for Making Indonesia 4.0 (LeMMI 4.0).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ini Modus Baru Bisnis Ekstasi, Disamarkan Dalam Kemasan Mie Instan

TANGERANG-Deputi Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN), Irjen Pol Arman

Pemerintah Siapkan Solusi untuk Atasi Masalah di Jiwasraya

BALIKPAPAN-Presiden Joko Widodo menyampaikan tanggapannya atas isu gagal bayar polis