CIMB Niaga Catat Laba Bersih Rp2,13 Triliun di Semester I-2013

Monday 29 Jul 2013, 2 : 46 pm
by
ilustrasi

Sejalan dengan pertumbuhan penyaluran kredit, CIMB Niaga juga mencatat kenaikan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 9% menjadi Rp149,94 triliun per 30 Juni 2013, dibandingkan dengan posisi yang sama tahun lalu sebesar Rp137,59 triliun. Adapun simpanan dalam bentuk CASA (Current Account Savings Account) tumbuh 13% YoY menjadi sebesar Rp67,39 triliun, dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp59,90 triliun.

“Di sisa tahun 2013, industri perbankan di Indonesia masih akan terus dipengaruhi oleh perekonomian global dan valuasi Rupiah.

Selain itu, faktor internal seperti meningkatnya inflasi yang disebabkan oleh naiknya harga BBM dan suku bunga, kemungkinan akan berdampak pada melambatnya penyaluran kredit perbankan.

Meski demikian, CIMB Niaga tetap optimistis dalam memandang industri perbankan.

“Kami melihat peluang pada sektor-sektor pilihan seperti industri makanan dan industri yang berhubungan dengan konsumsi dalam negeri, dimana permintaannya diharapkan terus tumbuh di tengah tekanan inflasi yang meningkat, dan hal ini akan membantu pertumbuhan penyaluran kredit perseroan,” kata Arwin.

Arwin mengatakan, persaingan di industri perbankan yang semakin ketat, mendorong perbankan semakin kreatif dan efisien menerapkan strategi untuk mencapai target pertumbuhan usaha.

Arwin menambahkan, inovasi layanan dan produk menjadi bagian yang penting dalam upaya menarik dan menjaga loyalitas nasabah.

Di semester pertama tahun 2013, CIMB Niaga telah meluncurkan sejumlah inovasi terbaru dalam layanan perbankan, seperti “Rekening Ponsel” dan “Digital Lounge.

Diluncurkan akhir Maret 2013 lalu, produk “Rekening Ponsel” CIMB Niaga memungkinkan nasabah melakukan transaksi perbankan hanya dengan menggunakan nomor ponsel, seperti transfer dana ke nomor seluler lainnya di Indonesia secara gratis dan tanpa harus memiliki rekening CIMB Niaga.

Inovasi terbaru lainnya adalah “Digital Lounge yang diperkenalkan ke masyarakat akhir April lalu.

Dilengkapi teknologi terkini, setiap “Digital Lounge menyediakan sejumlah fasilitas dan layanan perbankan yang lengkap, dari mesin ATM model terbaru, mesin setor tunai, hingga layanan video banking dengan layar sentuh untuk bertransaksi, serta layar besar yang menampilkan video banking agent/petugas bank secara live yang akan membantu nasabah dalam melakukan transaksi perbankannya.

“Beragam inovasi yang kami tawarkan ini, merupakan upaya CIMB Niaga untuk menjadi yang terdepan dalam layanan branchless banking, sekaligus mendukung pertumbuhan bisnis CIMB Niaga,” jelas Arwin.

“Rekening Ponsel” dan “Digital Lounge”, lanjut Arwin, CIMB Niaga juga memiliki sejumlah jalur distribusi elektronik lainnya seperti CIMB Clicks (internet banking), Go Mobile (mobile banking), Phone Banking 14041, Preferred Phone Banking 500 800, Self Service Terminal (SST), Cash Deposit Machine (CDM), selain ATM yang telah lama menjadi pilihan nasabah.

Sebagai salah satu strategi mendekatkan diri ke nasabah, baik yang potensial maupun yang sudah menjadi nasabah, CIMB Niaga terus memperluas jaringannya.

Per 30 Juni 2013, jumlah jaringan kantor CIMB Niaga telah bertambah menjadi 972, dari 919 jaringan kantor per Juni 2012, dengan jumlah ATM menjadi 2.537 ATM, dari posisi yang sama tahun lalu sebanyak 1.973 ATM. Adapun jumlah CDM tercatat sebanyak 328, sementara SST sebanyak 203.

Sepanjang enam bulan pertama 2013, CIMB Niaga telah menerima sejumlah penghargaan, diantaranya “The Asset AAA 2013 – The Best Service Provider Cash Management (Indonesia)” versi The Asset, ”The Asian Banker Achievement Awards 2013” –  International Technology Implementation – The Outstanding Technology Implementation Award versi The Asian Banker, dan ”Indonesia Brand Campaign in Social Media 2013” – Top 10 Indonesia Most Outstanding Brand Campaign in Social Media 2013 versi Majalah Mix untuk “Kartu Berlagu”.

Selain itu, CIMB Niaga juga berhasil meraih penghargaan di ajang “Banking Efficiency Award 2013” – kategori: Bank Umum Devisa dari Harian Bisnis Indonesia, ”Corporate Image Award 2013” – kategori: Medium Asset National BankThe Best in Building and Managing Corporate Image dari Bloomberg Business Week & Frontier Consulting Group, dan ”Banking Service Excellence Award 2013”2nd Best Overal Performance (Islamic Business Unit)/CIMB Niaga Syariah dari Majalah Infobank & Marketing Research Indonesia (MRI).

CIMB Niaga didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. 97,94% saham CIMB Niaga dimiliki oleh CIMB Group sebagai pemegang saham mayoritas.

Bank ini menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap, baik konvensional maupun syariah, melalui 972 jaringan kantor di seluruh Indonesia per 30 Juni  2013, yang terdiri dari jumlah kantor cabang sebanyak 585, Mikro Laju sebanyak 350 (termasuk 21 outlet yang menyatu di kantor cabang), kantor kas dan payment point sebanyak 58. CIMB Niaga memiliki lebih dari 14.000 karyawan yang tersebar di seluruh Tanah Air.

CIMB Niaga mengajak masyarakat untuk bersama-sama tumbuh dan memanfaatkan potensi yang ada di kawasan Asia Tenggara, yang mana sesuai dengan brand positioning dari CIMB Group, “ASEAN For You”.

CIMB Group merupakan perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia sekaligus salah satu kelompok usaha perbankan universal terkemuka di ASEAN.

Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, perbankan investasi, perbankan syariah, pengelolaan aset dan asuransi.

CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 8 dari 10 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Kamboja, Brunei, Vietnam, dan Myanmar).

Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, Bahrain, India, Sri Lanka, Taiwan, Australia, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea.

Saham CIMB Group tercatat di  Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad. Nilai kapitalisasi pasar kelompok usaha ini mencapai USD19,8 miliar per 30 Juni 2013.

Karyawannya berjumlah lebih dari 41.000 orang yang tersebar di 17 negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Tok!, Harga BBM Naik, Pertalite Naik  Rp 2350 Jadi Rp 10.000/Liter

JAKARTA-Pemerintah resmi mengumumkan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) khususnya

Puan Ingatkan Pemerintah Siapkan Rencana Cadangan Hadapi Krisis Pertalite

JAKARTA-Ketua DPR Puan Maharani menyoroti persoalan subsidi Bahan Bakar Minyak