CUAN Caplok Anak Usaha INDY Senilai USD218 Juta

Monday 25 Sep 2023, 9 : 57 am
Petrindo Jaya Kreasi
PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk

JAKARTA-PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk (CUAN) memutuskan untuk membeli 100 persen saham anak usaha PT Indika Energy Tbk (INDY) senilai USD218 juta.

Berdasarkan siaran pers CUAN yang dikutip Senin (25/9), perseroan telah menandatangani perjanjian jual beli bersyarat (CSPA) dengan dua anak usaha INDY, PT Indika Indonesia Resources (IIR) dan Indika Capital Investments Pte Ltd (ICI) untuk membeli 100 persen saham PT Multi Tambangjaya Utama (-MUTU-) pada 22 September 2023.

Dalam CSPA tersebut, CUAN akan membeli 2.263.030.000 saham -MUTU- yang dimiliki oleh ICI dan IIR senilai USD218 juta. Seperti diketahui, -MUTU- juga merupakan anak usaha INDY.

Manajemen CUAN menyampaikan, akuisisi -MUTU- ini merupakan komponen mendasar dari strategi jangka panjang perseroan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja operasional menjadi lebih efisien dan efektif, dengan mengintegrasikan operasi maupun memperkuat portofolio bisnis di bidang batubara termal berkalori tinggi dan batubara metalurgi.

Perlu diketahui, -MUTU- adalah perusahaan pertambangan batubara termal dan batubara metalurgi bituminous di Kalimantan Tengah.

Perusahaan ini memiliki Perjanjian Kontrak Karya Pertambangan Batubara (PKP2B) generasi ke-3 dengan area konsesi mencapai 24.970 hektar.

Berdasarkan keterbukaan informasi INDY, setelah rencana transaksi tersebut rampung, maka selanjutnya -MUTU- tidak lagi menjadi anak perusahaan INDY dan tidak lagi dikonsolidasikan ke dalam laporan keuangan perseroan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Rupiah Tembus Rp 13.000, Masyarakat Tak Perlu Panik

JAKARTA-Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo meminta kepada pelaku pasar

Tindakan Pemecatan Ketum Hanura Inkonstitusional

JAKARTA-Upaya sekelompok kader yang berusaha memecat Ketua Umum DPP Partai