Danamon Peduli Alokasi Rp 7 Miliar Untuk Bangun Pasar Rakyat

Sunday 14 Jun 2015, 9 : 20 pm
by

SERANG- Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) meluncurkan kampanye nasional bertajuk “Jelajah Pasar Rakyat Nusantara” untuk memberikan dukungan terhadap keberadaan dan perkembangan pasar tradisional (pasar rakyat) di Indonesia. Gerakan ini digagas oleh Danamon Peduli melalui serangkaian kegiatan dengan melibatkan berbagai pihak yaitu pemerintah, swasta dan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, memberikan wawasan, dan menarik simpati masyarakat tentang keberadaan pasar rakyat sehingga setiap lapisan masyarakat menjadi bagian dari perkembangan pasar rakyat di Indonesia.

Kampanye nasional pertama Jelajah Pasar Rakyat Nusantara ditandai dengan kembali digelarnya Festival Pasar Rakyat di Pasar Rau, Kota Serang Banten Minggu (14/6).

Kegiatan ini mendapat dukungan pemerintah daerah setempat serta dihadiri Asisten Daerah I Kota Serang, Drs. Kosasih, Msi, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Banten, Dewi Indriati Rano, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli, serta Restu Pratiwi. “Kampanye nasional pasar rakyat ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk menyebarluaskan pesan sosial bahwa pasar adalah salah satu ruang publik tempat interaksi sosial tertua di Indonesia yang harus terus kita kembangkan dan jaga keberadaannya. Sebagai ruang publik, pasar dapat dimanfaatkan untuk menggelar berbagai kegiatan kreatif dan edukatif. Harapannya adalah pemerintah, swasta dan masyarakat lebih bersimpati terhadap pasar rakyat, tidak hanya pada perbaikan fisik atau bangunannya saja namun juga menyentuh manajemen, peningkatan kapasitas pedagang dan promosinya,” ujar Restu Pratiwi, Minggu (14/6).

Untuk tahun 2015, jelasnya, Danamon dan anak perusahaannya, melalui Danamon Peduli berkomitmen mengalokasikan dana lebih dari Rp 7 miliar untuk program dan kegiatan yang berkaitan dengan pasar dimana jaringan kantor Danamon dan Adira berada. “Dengan dukungan dari berbagai pihak secara terintegrasi, kami yakin pasar rakyat ke depannya akan menjadi pilihan tempat rekreasi, tujuan wisata dan tempat perbelanjaan yang mampu memanjakan pengunjungnya,” ujarnya.

Kampanye Nasional Jelajah Pasar Rakyat Nusantara yang digagas oleh Danamon Peduli saat ini merupakan satu-satunya gerakan yang khusus mendukung dan mempromosikan pasar rakyat di Indonesia. Melalui kampanye ini, Danamon Peduli terus berupaya menyerukan dan mendorong masyarakat untuk setia berbelanja di pasar rakyat melalui kegiatan Festival Pasar Rakyat. Pasar rakyat memiliki nilai dan peran yang unik dan mencerminkan kehidupan masyarakat Indonesia. Pasar rakyat menyediakan lapangan pekerjaan bagi lebih dari 100 juta jiwa rakyat Indonesia dan menyediakan kurang lebih 60% kebutuhan masyarakat.

Semangat Danamon Peduli dalam mengembangkan pasar rakyat di Indonesia sejalan dengan fokus bisnis lini usaha Danamon melalui Danamon Simpan Pinjam yang bergerak di sektor pembiayaan usaha mikro terutama yang beroperasi di lingkungan pasar. Selama lebih dari 11 tahun, Danamon Simpan Pinjam telah mengucurkan lebih dari Rp 85 triliun pinjaman modal bagi para pedagang pasar dan bantuan bagi pasar-pasar rakyat di berbagai kota di Indonesia. “Danamon semakin dekat dengan komunitas pasar dengan hadirnya para account officer Danamon Simpan Pinjam yang setia menjadi mitra bisnis para pedagang dan komunitas di sekitar pasar rakyat,” jelas National Sales & Distribution Head Danamon Simpan Pinjam, Stenly Oktavianus.

Peran serta Danamon Simpan Pinjam dalam kegiatan ini merupakan bentuk dukungan serta komitmennya dalam mengembangkan pasar-pasar rakyat di Indonesia. Danamon Simpan Pinjam memberikan sosialisasi dan menjalin kemitraan dengan para pedagang pasar untuk memenuhi kebutuhan finansial yang diperlukan para pedagang pasar. “Selain mendukung peningkatan kualitas pasar rakyat, kami juga mendukung peningkatan kualitas para pedagang yang ada di pasar. Hal ini karena kehidupan sebuah pasar juga ditentukan dengan semaraknya aktivitas dari komunitas yang ada di dalamnya,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

UNVR, ASII, BBCA, AALI, BSDE, TLKM, SMGR

IHSG Diprediksi Melemah, Yugen Sekuritas Rekomendasikan Saham BBCA, BBRI, BBNI dan TLKM

JAKARTA-Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI)

OJK Dukung Upaya Peningkatan Adopsi Standar IFSB

JEDDAH-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendukung upaya peningkatan adopsi standar IFSB