Debat Terbuka SMI Vs RR, Bahayakan Keselamatan NKRI

Thursday 3 May 2018, 2 : 45 pm

JAKARTA-Wakil Ketua Komisi XI DPR Achmad Hafiz Tohir menilai debat antara Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrwati (SMI)  dengan Mantan Menko Rizal Ramli (RR) soal masalah utang negara justru akan menghancurkan NKRI. Karena dikhawatirkan semua rahasia negara akan terbongkar dalam debat publik. “Posisi Sri Mulyani itu sebagai pejabat negara. Tidak boleh dia membeberkan rahasia dapur negara. Kalau dia ungkap semua data-data, bagaimana jadinya negeri ini,” kata disela-sela Nonton Bareng Semi Final Liga Champions, antara Liverpool Vs AS Roma di Cafe DimSum, Pasar Festival di Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Disisi lain, kata mantan Ketua Komisi VI DPR, debat itu pasti disaksikan oleh banyak negara dan  investor yang punya kepentingan di Indonesia. “Begitu tahu rahasia dapur negara kita, bisa-bisa reaksinya negatif. Jadi hal-hal seperti ini yang harusnya diperhatikan,” ujarnya.

Malah debat itu jutru akan mempercepat kejatuhan Presiden Jokowi. Karena citra negara dipertaruhkan dalam debat tersebut. “Saya menyarankan agar debat dilakukan secara tertutup saja. Biar SMI dan RR bawa tim masing-masing. Disitu mereka adu data dan gebrakan-gebrakan meja,” tambahnya.

Hafiz menilai RR sebagai mantan Menko pasti memiliki sumber data yang valid. Begitu juga dengan SMI, dia juga menguasai data-data yang dimiliki pemerintah. “Cuma saya melihat posisi SMI inikan dilematis, kalau debat itu dilakukan secara terbuka. Padahal tidak semua data boleh dibeberkan ke publik. Kalau dia tidak menjawab jujur, maka citranya pemerintah negatif. Begitu juga, kalau dijawab jujur, tentu berdampak negatif pada keamanan negara,” imbuhnya.

Malah Hafiz mengkritik Presiden Jokowi yang beberapa waktu lalu  menyarankan agar serangan kepada pemerintah disertai dengan adu data. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Calon Incumbent BPK Harus Dievaluasi

JAKARTA-Indonesia Budget Center (IBC) mendesak agar sejumlah calon incumbent Badan

Soal Rencana Kenaikan Biaya Haji, Ketua DPD RI: Perbaiki Dahulu Pelayanan Bagi Jemaah

SOLO-Kementerian Agama (Kemenag) mengusulkan kenaikan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH)