DJKN dan LPEI Tingkatkan Kelas UMKM

Saturday 14 Aug 2021, 12 : 52 pm
by
ILustrasi

JAKARTA-Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memberikan penugasan kepada Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) sebagai salah satu Special Mission Vehicle (SMV) untuk mengelola program penyelamatan ekonomi nasional melalui Penjaminan Pemerintah (Jaminah) dan Penugasan Khusus Ekspor untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Di tengah situasi pandemi COVID-19, sektor UMKM harus bertahan untuk menyangga kebutuhan ekonomi para pelaku usaha termasuk rantai pasok yang melibatkan jutaan pekerja.

“Pemerintah melalui DJKN berkolaborasi bersama semua pihak, termasuk Special Mission Vehicle Kemenkeu yang juga punya peran dalam pengembangan UMKM yaitu LPEI. Tanggung jawab diberikan dalam hal pendanaan dan pembiayaan untuk bisa mengelola Program Penjaminan Pemerintah dan Penugasan Khusus Ekspor kepada UMKM yang terdampak COVID-19, sehingga mereka dapat mempertahankan kegiatan operasionalnya. Program ini secara garis besar juga diharapkan dapat mendorong program Pemulihan Ekonomi Nasional,” ujar Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban, dalam acara Webinar “UMKM Naik Kelas dengan Ekspor Berkelas” pada Kamis (12/08).

Sejalan dengan usaha untuk mewujudkan target UKM ekspor mencapai 21,6%, kemampuan UMKM harus ditingkatkan.

Mendukung usaha pemerintah untuk menciptakan UMKM yang berkelas, Direktur Eksekutif LPEI Daniel James Rompas pun menyampaikan komitmen untuk meningkatkan kemampuan UMKM dalam kegiatan ekspor.

“LPEI memiliki peran dari aspek finansial dan non-finansial dalam meningkatkan ekspor nasional termasuk dari sektor UMKM. Dari aspek finansial kami telah menyalurkan pembiayaan ekspor kepada UMKM sebesar Rp14,5 Triliun termasuk program Penugasan Khusus Ekspor sebesar Rp408 Miliar ke seluruh Indonesia. Pembiayaan ini melibatkan 59 nasabah dengan serapan tenaga kerja lebih dari 8 ribu orang. Sementara dari sisi non-finansial kami juga memiliki 2 program utama yaitu Rumah Ekspor untuk penciptaan eksportir baru dan Desa Devisa untuk peningkatan kapasitas masyarakat,” ujar James Rompas.

Peningkatan kemampuan UMKM merupakan misi bersama yang harus dieksekusi dengan baik.

Untuk itu, kolaborasi DJKN dan LPEI terus ditingkatkan untuk mewujudkan UMKM sebagai penggerak ekonomi nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Soal Perjanjian Indonesia-Jepang, Legislator Pertanyakan Soal Komoditas Unggulan

JAKARTA-Kalangan DPR meragukan keseriusan membangun perjanjian dagang internasional dengan Pemerintah

Na Wu Beng Menjadi CEO Wing Hang Bank Hongkong

JAKARTA-Setelah 10 tahun menjadi bagian dari Bank OCBC NISP, Na