Dolar Menguat, Puan: Pemerintah Harus Antisipasi Lonjakan Harga Pangan

Selasa 24 Okt 2023, 6 : 27 pm
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani /Foto: Dok DPR
Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani /Foto: Dok DPR

Bahkan peningkatan produksi kedelai lokal juga akan membantu industri pangan lainnya karena kedelai juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan kecap dan pakan ternak.

“Ibu-ibu pasti merasakan dampaknya, karena biasanya tahu tempe disajikan sebagai makanan sehari-hari. Kalau harganya naik, pengeluaran rumah tangga juga akan naik. Perekonomian keluarga ikut berpengaruh,” sebut Puan.

Puan juga menyoroti kenaikan harga komoditas lainnya seperti cabai yang dapat berdampak terhadap pelaku usaha makanan.

Terutama pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Pelaku usaha makanan tidak bisa menaikkan harga sembarangan karena bisa berpengaruh terhadap pembeli. Jadi harus ada antisipasi yang memadai agar kenaikan harga pangan tidak merugikan UMKM sebagai penggerak perekonomian negara,” papar Puan.

Di sisi lain, Puan mendukung adanya subsidi dari Pemerintah untuk menekan harga impor kedelai yang akan mengurangi biaya produksi pengrajin.

Ia pun mendorong agar subsidi juga diberikan kepada petani sebagai upaya peningkatan produksi kedelai lokal.

“Langkah ini dapat membantu meningkatkan produksi kedelai dalam negeri, yang pada gilirannya dapat mendukung ketahanan pangan dan pengurangan ketergantungan dari impor,” tutur mantan Menko PMK tersebut.

Ketergantungan Indonesia terhadap kedelai impor terlihat dari stok kedelai di badan urusan logistik (Bulog) yang hanya 0,58 ton.

Sementara kebutuhan perbulan diproyeksikan mencapai 212.548 ton.

Berkaca dari fakta tersebut, Puan meminta Pemerintah untuk memfokuskan program swasembada pangan guna mengantisipasi kekurangan cadangan kedelai.

Swasembada pangan memiliki peranan penting pada ketahanan pangan dan lebih sedikit terpengaruh oleh fluktuasi harga atau pasokan di pasar internasional.

“Dengan mencapai swasembada pangan, kita dapat mengurangi ketergantungan pada impor makanan dan melindungi diri dari potensi kerawanan pasokan makanan yang disebabkan oleh krisis global,” urai Puan.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bank DKI Ajak Masyarakat Gunakan Transaksi Non Tunai di Transportasi Publik

JAKARTA-Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini mengajak agar masyarakat sebisa

Pascabencana Tsunami Selat Sunda, Layanan Telekomunikasi Pulih 99,1%

JAKARTA-Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika