DPD RI: Mahasiswa Harus Berani Jadi Wirausaha Mandiri

Friday 15 Mar 2019, 7 : 35 pm
Wakil Ketua DPD RI Prof. Darmayanti Lubis
Wakil Ketua DPD RI Prof. Darmayanti Lubis

MEDAN-Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI mendorong kaum millenial berani menjadi wirausaha muda. Apalagi kesempatan mencari kerja semakin sempit.

“Idealnya dalam suatu negara, masyarakat yang bergerak di dunia wirausaha adalah 2% dari jumlah penduduk,” kata Wakil Ketua DPD RI Prof. Darmayanti Lubis saat menjadi pembicara dalam acara Dialog Publik “Membangun Generasi Millenial Indonesia Melalui Pendidikan Moral dan Etika” di Aula Universitas Al Washliyah Medan, Jumat (15/3/2019).

Menurut Darmayanti, kewirausahaan adalah motor penggerak ekonomi sebuah negara. Sayangnya Indonesia, masih jauh dari target itu.

Oleh karena itu untuk menghadapi keterbatasan ketersediaan lapangan kerja, maka kaum millenial harus terjun menjadi pelaku wirausaha.

Lebih jauh Senator asal Sumut mengajak kaum millenial Medan yaitu para mahasiswa dan pelajar menjadi motor perubahan pembangunan bangsa dan bagian dari generasi yang siap dan tangguh dalam menghadapi era globalisasi dengan cara menciptakan lapangan pekerjaan (job creator) bukan sebagai pencari kerja (job seeker).

Dikatakan Darmayanti, mahasiswa saat ini tidak bisa hanya diarahkan menjadi pencari kerja (job seeker) namun harus mampu menjadi pembuka lapangan pekerjaan (job creator).

“Karena mahasiswa sebagai kaum millenial saat ini punya tantangan yang besar, bukan sebagai pencari kerja tapi harus berani menciptakan lapangan kerja, “ ucapnya.

Menurutnya saat ini lapangan pekerjaan terbatas sedangkan jumlah tenaga kerja terus tumbuh sehingga kebutuhan lapangan kerja tidak berbanding lurus dengan jumlah lulusan kerja hal itu yang akan menimbulkan jumlah pengganguran makin tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Profesionalisme SDM Konstruksi Kurangi Risiko Kecelakaan Kerja

JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mendorong para

Mayoritas Bank Sentral Dunia Telah Mencapai Puncak Suku Bunga

Oleh: Caroline Rusli, CFA  Sebagian besar pasar percaya bahwa situasi