DPR Minta Pemerintah Percepat Pengesahan Naturalisasi

Saturday 16 Mar 2024, 9 : 46 am
by
Ragnar Oratmangoen,
Ragnar Oratmangoen,

JAKARTA-Komisi X dan Komisi III DPR RI telah menyetujui naturalisasi pesepakbola asal Belanda yakni Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Pae.

DPR pun meminta Pemerintah untuk mempercepat proses pengesahan ketiga pesepakbola itu sebagai WNI sehingga mereka bisa segera memperkuat Timnas Indonesia.

“Seluruh proses di DPR terkait proses naturalisasi yang membutuhkan adanya keputusan dari Komisi X dan Komisi III serta Rapat Paripurna sudah dilampaui. Pimpinan DPR RI juga sudah mengirimkan surat terkait hal tersebut kepada Pemerintah,” kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Sjaifudian, Jumat (15/3/2024).

Hetifah memimpin rapat kerja (raker) antara Komisi X DPR bersama pihak Pemerintah saat Komisi yang membidangi urusan olahraga tersebut menyetujui naturalisasi Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Pae, pekan lalu.

Saat itu, raker dihadiri oleh  Wamenkominfo Nezar Patria, Wakil Ketua Umum PSSI Zainuddin Amali, Sekjen PSSI Yunus Nusi, Dirjen AHU Kemenkumham Cahyo Rahadian Muzhar, dan pelatih timnas Indra Sjafrie.

Surat persetujuan naturalisasi ketiga pesepakbola dari DPR sendiri sudah dikirimkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) oleh pimpinan DPR pertengahan pekan ini, mengingat di awal pekan ada tanggal merah atau hari libur. Hetifah pun berharap Pemerintah segera memproses pengesahan Thom Haye Cs sebagai WNI.

“Komisi X DPR mengharapkan Presiden bisa segera membuat Keputusan Presiden (Keppres) yang mengizinkan ketiga pemain untuk mengikuti proses pengambilan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia,” ungkapnya.

“Semoga PSSI juga bisa segera menghadirkan ketiga pemain untuk pengambilan sumpah nanti,” lanjut Hetifah.

Hetifah berharap pengambilan sumpah bisa segera dilakukan mengingat pada tanggal 21 Maret mendatang akan ada match pra kualifikasi piala dunia Timnas Indonesia vs Vietnam di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

“Perlu kerjasama berbagai pihak untuk memastikan semua proses berjalan lancar,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Klaten Pelopor Gerakan Anti Serangan Fajar

KLATEN-Wilayah Klaten, Jawa Tengah akan menjadi daerah pertama di Indonesia

Posisi Investasi Internasional Indonesia Relatif Stabil

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat Posisi Investasi Internasional (PII) Indonesia pada