DPR Perjuangkan Petani Garam Madura

Tuesday 26 Mar 2013, 3 : 02 pm
bisnisaceh.com

JAKARTA-Konflik lahan garapan petani garam di Madura hingga saat ini belum jelas penyelesaiannya. Masalahnya lahan garapan peninggalan Belanda ini masih dikuasai BUMN, yaki PT. Garam. “Petani garam Madura sudah menyampaikan masalah lahan penggarapan. Sampai saat ini belum ada penyelesaian karena lahan tersebut masih dikuasai PT. Garam,” kata Wakil Ketua Komisi VI DPR F-PDI Perjuangan, Aria Bima dalam rapat kerja Komisi VI dengan Deputi BUMN, Dirjen Berbasis Manufaktur Kementerian Perindustrian, Direksi PT. Garam, dan para petani garam, di Jakarta, Selasa (26/3). 

Politisi PDI Perjuangan ini mengaku petani garam Madura yang tergabung dalam Gerakan Gotong Royong Petani Garam Madura menyampaikan aspirasi dan persoalan yang hingga kini belum selesai ke Komisi VI DPR.  Persoalan yang mengemuka adalah lahan garapan yang masih dikuasai PT. Garam. Sengketa lahan ini belum menemukan titik temu, sehingga para petani resah dan gamang menggarap lahan garamnya. 

Oleh karena itu, lanjut Aria, memberi kesempatan seluas-luasnya bagi para petani garam untuk menyampaikan persoalan yang membelit mereka selama ini. “Petani garam Madura sudah menyampaikan masalah lahan penggarapan. Sampai saat ini belum ada penyelesaian karena lahan tersebut masih dikuasai PT. Garam,” tambahnya. 

Persoalan lahan garapan ini memang agak pelik. Riwayat lahan garapan yang ada di Madura tersebut sebenarnya merupakan peninggalan Belanda yang diperoleh dengan pengambilalihan lahan tesebut dengan menyewa selama 50 tahun.  Dari dokumen yang ada, beraksara Jawa kuno pernah ditandatangani oleh Kepala Desa Pinggir Papas Sastro Widjoyo dan Kepala Desa Karang Anyar Sastro Soedeso dengan Bupati Sumenep Raden Tumenggung Ario Samadikun, terhitung tanggal 7 Agustus 1936.

Batas waktu perjanjian adalah 7 Agustus 1986 yang seharusnya lahan tersebut dikembalikan kepada petani garam. Namun, lahan tidak dikembalikan tetapi terbit sertifikat hak pakai atas nama Departemen Perindustrian c.q. PT. Garam.

Para petani garam berupaya melakukan berbagai cara untuk mendapatkan haknya kembali sesuai perjanjian. Musyawarah mufakat pernah dilakukan yang difasilitasi Pemda Jatim. Namun, sampai saat ini belum ada realisasi yang menguntungkan untuk para petani garam.  “Petani hanya menggarap, tidak mengambil hak. Cuma, kok, belum ada eksekusi. Maka kali ini kita memfasilitasi supaya ada kesepakatan-kesepakatan yang saling menguntungkan satu sama lain sesuai kesepakatan itu,” kata Aria.

Persoalan ini sebelumnya dipegang oleh Kementerian Perindustrian sebelum ditangani Kementerian BUMN. Peralihan dari Kementerian Perindustrian ke Kementerian BUMN juga ternyata menyisakan masalah. “Akibatnya, sampai sekarang macet pada implementasi kesepakatan-kesepakatan itu,” pungkasnya. **can

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pefindo telah menyematkan prospek CreditWatch dengan Implikasi Negatif terhadap peringkat ISAT, sehubungan dengan rencana penggabungan usaha dengan Tri yang diharapkan selesai pada Desember 2021

Pefindo Tahan Rating IMPC di Level Single A Minus dengan Outlook Stabil

JAKARTA-PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memutuskan untuk menahan peringkat PT
Uang

Menkeu: SiLPA 2020 Capai Rp234,7 Triliun

JAKARTA-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan Sisa Lebih Pembiayaan