Dua Produsen Siap Produksi Mobil Murah

Thursday 13 Jun 2013, 9 : 13 pm
kompas.com

JAKARTA-Kementerian Perindustrian menegaskan hanya dua produsen mobil yang sudah siap memproduksi mobil murah dan ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC). Alasannya, keduanya sudah memiliki infrastruktur.

“Sudah ada dua produsen mobil yang sudah siap produksi Low Cost Green Car. Produsennya Toyota dan Daihatsu, karena mereka sudah punya pabrik di Indonesia,” kata Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kementerian Perindustrian Budi Darmadi di Jakarta, Kamis, (13/6).

Adapun dua produsen yang sudah siap itu, yakni Toyota dan Daihatsu. Selebihnya banyak produsen mobil di Indonesia belum siap memproduksi mobil LCGC. “Tapi masih banyak produsen yang belum siap. Jadi kalau ditanya kapan mobil murah bisa diproduksi segera dan beredar di masyarakat, ya tanya ke produsen yang sudah siap produksi (Toyota dan Daihatsu) kan mereka yang buat,” ungkapnya

Menurut Budi, Daihatsu dan Toyota sudah menyatakan siap memproduksi LCGC dengan target sekitar 55 ribu unit per tahun. Sementara produsen lainnya, yang juga berminat, yakni Honda, Suzuki, dan Nissan juga diperkirakan memproduksi sekitar itu. “ Kalau kelima produsen itu misalnya menghasilkan 50 ribu unit LCGC, maka produksi total kelimanya bisa mencapai 250 ribu unit per tahun,” terangnya.

Namun demikian, katanya, hal itu semuanya tergantung kapasitas produksi masing-masing produsen. Bahkan, jika permintaan LCGC nanti tinggi, bisa mencapai 300 ribu sampai 600 ribu unit per tahun. **can

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BI rate Turun Tak Perlu Cemas Capital Flight

JAKARTA-Kalangan DPR dapat memahami penurunan BI rate menjadi 6,5% yang

Negara-negara G20 Perkuat Respons Kebijakan Pemulihan Ekonomi

JAKARTA-Negara-negara G20 sepakat untuk meningkatkan kerjasama dan melanjutkan implementasi kebijakan