Duet Anies-Cak Imin, Ubah Konstelasi Cawapres Ganjar dan Prabowo

Monday 4 Sep 2023, 2 : 53 pm
Analis Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago

JAKARTA-Deklarasi capres dan cawapres dari Partai NasDem dan PKB yang mengusung Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar kejutan yang tidak diduga-duga oleh elite politik dan publik.

Karena sebelumnya Cak Imin telah membentuk koalisi dengan Prabowo Subianto.

Analis Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic, Arifki Chaniago, menyatakan bahwa munculnya nama Cak Imin sebagai cawapres Anies Baswedan menjadikan Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo bakal mengubah rencana cawapres.

Perhitungan cawapres Prabowo dan Ganjar yang sebelumnya populer di survei, berkemungkinan berubah karena faktor wilayah dan basis politik.

“Cak Imin ini NU dan orang Jawa Timur. Nama-nama bakal cawapres Prabowo dan Ganjar yang tidak memiliki basis politik ini bakal tersingkir. Prabowo dan Ganjar tentu bakal mempertimbangkan cawapres yang tidak sekadar populer di survei dan punya logistik. Tetapi, cawapres yang mampu mengimbangi figur dan zona wilayah Cak Imin”, ujar Arifki.

Nama-nama seperti Yenny Wahid, Khofifah, dan Ridwan Kamil tentu bakal lebih dipertimbangkan sebagai cawapres Prabowo dan Ganjar Pranowo.

Tiga nama tersebut tidak hanya melengkapi kekurangan capres dari segi wilayah, tetapi juga pada tataran isu yang sudah dimiliki oleh pasangan Anies-Cak Imin.

Yenny Wahid dan Khofifah bakal cawapres yang bakal mengimbangi sisi elektoral dan wilayah yang dipegang oleh Cak Imin.

Nama ini tentu bakal dipertimbangkan oleh Prabowo dan Ganjar.

Sedangkan Ridwan Kamil bakal dipertimbangkan oleh Ganjar.

Meskipun selama ini tidak masuk radar utama, Kang Emil bakal menjadi pelengkap Ganjar Pranowo jika ingin masuk ke Jawa Barat.

“Politik itu soal momentum dan kejutan. Cak Imin telah membuat kejutan dengan menjadi cawapres Anies. Seharusnya Prabowo dan Ganjar juga membuat kejuatan dengan memilih sosok yang tepat sebagai cawapresnya. Jika memang ada kejutan, ini bakal merugikan bakal cawapres yang sudah berharap besar untuk menjadi cawapres Prabowo dan Ganjar”, tutup Arifki.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kebut RUU Minerba, Pemerintah Sinkronisasi DIM

JAKARTA-Pemerintah terus mendorong peningkatan nilai tambah sumber daya alam Tahah
Bursa Saham, IHSG, Saham EMTK, Saham TBIG

Listing 4 Emiten: Tiga Saham Sentuh ARA, DOOH Anjlok ke Level ARB

JAKARTA-Saat memulai transaksi perdana perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia