Ekonomi China & AS Tetap Harus Dicermati

Sunday 18 Aug 2013, 5 : 39 pm
Ilustrasi

JAKARTA-Pergerakan ekonomi dua negara raksasa, seperti China dan Amerika Serikat (AS) tampaknya masih perlu dicermati. Masalah melambatnya ekonomi dua negara itu jelas berpengaruh pada Indonesia. “Bukan hanya pasar keuangan di Indonesia saja, tapi juga seluruh negara akan terpengaruh, khususnya negara berkembang,” kata Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo di Jakarta, Minggu,(18/8)

Menurut mantan Menkeu ini, perlambatan ekonomi China yang mengalami koreksi tajam dari pertumbuhan 7,8% menjadi 7,5% akan memukul produk Indonesia yang diekspor ke China. Artinya berdampak secara langsung bagi Indonesia dan itu perlu diwaspadai. Sedangkan rencana pengurangan stimulus moneter di AS, pun bedampak langsung pada pasar keuangan indonesia.

Lebih jauh kata lelaki yang pernah menjadi Dirut Bank Mandiri ini, sejak 2009-2012 stimulus moneter menyebabkan banyak dananya yang mengalir ke negara-negera berkembang,  termasuk Indonesia. Akibatnya, pasar modal dan pasar utang negara (SUN) menjadi begitu aktif. “Itu pembalikan arus modal bukan merupakan sesuatu yang dapat ditahan,” tuturnya

Baca juga :  Jokowi Menang 53,15%

Dikatakan Agus, isu tapering off, turut mendorong para pengelola dana mereposisi asetnya. Mereka mengubah strategi penempatan dana dengan keluar dulu dari pasar negara berkembang, termasuk Indonesia, kemudian mengatur kembali komposisi aset. Maka perlu disikapi secara hati-hati karena hal itu akan meminta kebutuhan valas untuk dibawa kembali ke luar negeri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BeritaMoneter.com. Mari bergabung di Channel Telegram "BeritaMoneter.com", caranya klik link https://t.me/beritamoneter, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca juga berita kami di:

Agus Eko

Adalah wartawan senior di Indonesia. Karya-karya jurnalisnya sangat menarik dan memberikan pandangan mendalam terhadap berbagai isu terkini.

Komentar


HI THERE!

Eu qui dicat praesent iracundia, fierent partiendo referrentur ne est, ius ea falli dolor copiosae. Usu atqui veniam ea, his oportere facilisis suscipiantur ei. Qui in meliore conceptam, nam esse option eu. Oratio voluptatibus ex vel.

Wawancara

BANNER

Berita Populer

Don't Miss

Soal PTM 100%, Pemkot Tangsel Taati SKB 4 Menteri

TANGERANG- Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), mengaku menaati SKB 4
Pajak

Pentingnya Kepatuhan Bersama di Sektor Perpajakan

Oleh: Ronsianus B Daur, SE., BKP., M.Ak Menteri Keuangan (Menkeu)