Gelaran HBH, Desainer Muda Pamerkan Batik Berkualitas di ThamrinCity

Friday 28 Sep 2018, 5 : 57 pm

Cindy yang sudah berbisnis batik selama 8 tahun, menjelaskan trend penjualan batik dari tahun ke tahun semakin meningkat seiring dengan dukungan pemerintah melalui regulasi dan promosi yang makin gencar.“Trend penjualan batik Sogan kami yang berciri warna alam khas dari Solo semakin meningkat dari tahun ke tahun dan apalagi didukung oleh pemerintah yang sekarang mewajibkan memakai batik,” paparnya

Di Kota Solo, kerajinan batik yang digelutinya mempekerjakan para pengrajin yang berada di sekitar kota Solo. “Tenaga pengrajin dari beberapa kecamatan dan kami memberikan kerjasama yang sudah terjalin bertahun-tahun, “ katanya.

Dengan usahanya yang makin berkembang, kini Cindy mempunyai puluhan toko Batik di TM ThamrinCity yang secara khusus melayani pelanggan batik yang datang dari dalam negeri maupun dari luar negeri. “ Pelanggan dari Malaysia dan Singapura sering datang berbelanja batik di toko kami,” ungkap Cindy.

Cindy berharap ke depan, pemerintah makin menggiatkan promosi batik hingga ke luar negeri karena batik semakin dikenal sebagai fashion yang tidak kalah dengan produk fashion lain. “ Kita harus semakin menduniakan batik Indonesia agar bisnis batik makin bergairah dan membantu perkembangan ekonomi Indonesia,” tandasnya.

Tak beda jauh dengan Cindy, pengusaha muda, Anna Setyaningsih juga menggeluti bisnis batik dengan tekun. Malah, Pemilik gerai Batik Betawi telah menggeluti dunia usaha batik sejak 2011. Kreasi Batik Betawi yang menonjolkan warna-warna terang menjadi tantangan tersendiri. “Warna-warna terang yang dominan dalam Batik Betawi merupakan ciri orang Betawi yang berani,” ujar Anna.

Di tokonya, Anna menjual baju batik dengan motif ondel-ondel, Monas , Tugu Selamat Datang , Patung Pancoran serta Flora dan Fauna Jakarta. “Harga bervariasi mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 750 ribu untuk baju batik dan kain batik yang dijual per lembar,” katanya.

Peminat Batik motif Betawi semakin beragam mulai dari Ibu-Ibu hingga hingga anak remaja. “Motif Betawi juga dipesan untuk seragam kantor pemerintah daerah dan swasta di Jakarta,” ungkapnya.

Hingga saat ini, Anna mengaku sudah memperoleh omset sebesar Rp 25 juta sebulan dan berharap TM ThamrinCity terus membantu promosi Batik Betawi untuk bisa eksis di Jakarta. “Batik Betawi harus jadi tuan rumah di Jakarta,”tukasnya. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Survey Jokowi 55,9%, Belum Ada Jaminan Terpilih

JAKARTA-Meski elektabilitas Jokowi terus meningkat dan kini mecapai 55,9 %

Waskita Karya Terlilit Utang Hingga Gagal Bayar Obligasi, Erick Thohir Siapkan Opsi Restrukturisasi Total

JAKARTA-Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakui salah