Gerak IHSG Berpotensi Balik Menguat, Mainkan ADMF, HEXA, TSPC dan TLKM

Friday 28 Jul 2023, 12 : 29 pm
by
AGII, ASSA, UNVR, ARTO
ilustrasi/photo dok antara

JAKARTA-Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan di akhir pekan ini,  diperkirakan bergerak variatif dalam kecenderungan menguat, setelah kemarin ditutup melemah 0,74 persen ke posisi 6.896.

Pergerakan IHSG pada perdagangan Kamis (27/7) yang lebih dominan bermain di zona merah dibayangi oleh penurunan harga pada 326 saham dan sebanyak 204 saham tidak mengalami perubahan, sedangkan kenaikan harga terjadi pada 215 saham.

Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh organisasi research and trading saham, WH Project, koreksi IHSG yang terjadi pada perdagangan kemarin bukan merupakan pelemahan yang mematahkan pola uptrend, terukur dengan trend line.

“Pergerakan IHSG telah mencapai supply zone, yang juga bagian dari pengujian level 7.000. Pada saat mendekati area resistance, umumnya memang terjadi pelemahan,” kata analis WH Project, William Hartanto dalam riset harian untuk perdagangan Jumat (28/7).

Dia menyampaikan, walaupun tidak diketahui secara persis terkait keberhasilan IHSG untuk menguji level resistance psikologis 7.000.

Namun jika tren masih menguat di fase pengujian, maka setidaknya tetap ada peluang bagi IHSG untuk mendekati atau bahkan mencapai level 7.000.

“Window dressing masih berlanjut. Setiap kali ada rilis laporan keuangan, maka di situ ada penguatan lanjutan. Hal yang sudah umum terjadi dan dimulai dari sektor perbankan. Sektor ini masih mampu menjadi pengerek IHSG dengan bantuan sentimen laporan keuangan,” papar William.

Secara teknikal, kata dia, IHSG masih bisa mempertahankan tren kenaikan yang sedang berjalan.

Pelemahan akan terjadi setelah penguatan memasuki supply zone, sehingga kondisi ini dipandang sebagai hal yang wajar di tengah laju indeks sedang menuju area jenuh jual dan terjadinya aksi profit taking.

“Kami memproyeksikan, IHSG berpotensi untuk bergerak mixed dalam kecenderungan menguat, dengan range pergerakan di level 6.886-7.000,” ujar William.

Untuk perdagangan di akhir pekan ini, WH Project merekomendasikan kepada para pelaku pasar agar mengakumulasi pembelian pada saham ADMF, HEXA dan TSPC. Sementara itu, disarankan untuk menerapkan strategi wait and see pada saham TLKM.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

KKP Cetak Wanita Nelayan Tangguh dan Berdaya Saing

JAKARTA-Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap

Pemerintah Gandeng Pengusaha Uni Eropa Hadapi Diskriminasi Sawit

JAKARTA-Pemerintah menggandeng dunia usaha asal Uni Eropa (UE) untuk ikut