Gubernur Anies Baswedan Diajari Cara Kurangi Bau Kali Item

Friday 27 Jul 2018, 7 : 22 pm
by

JAKARTA-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akhirnya mengambil alih proses pembersihan Kali Sentiong atau yang kerap disebut Kali Item setelah melihat upaya Pemda DKI Jakarta dengan memasang jaring di atas permulaan merupakan hal yang tidak lumrah. Pemasangan tersebut hanya menutup tetapi tidak menyembuhkan penyakit Kali Item yang tercemar.

“Dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Asian Games ke-18, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air bersama Dinas PU Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah melakukan upaya untuk mengurangi bau di Kali Sentiong dan Kali Item di Kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Kualitas air pada Kali Sentiong dan Kali Item turut mempengaruhi kenyamanan atlit dan ofisial dari berbagai negara yang menghuni Wisma Atlet Kemayoran selama Asian Games berlangsung,” ujar Staf khusus Kementerian PUPR Bidang Sumber Day Air Firdaus Ali dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/7).

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan penggelontoran Kali Sentiong dengan cara membuka pintu air Gang Kelor (PA Sentiong). Air berasal dari Bendung Katulampa di Bogor yang dialirkan hingga ke Kali Sentiong melalui Kali Baru Timur. Disamping itu secara paralel juga dilakukan upaya mengalihkan aliran air Kali Item ke Kali Sunter dengan cara dipompa, sehingga mengurangi debit air kotor yang masuk ke kali Sentiong.

Sebelumnya uji coba skema ini telah dilakukan selama seminggu, mulai tanggal 5 hingga 11 April 2018 dan berdasarkan observasi telah memberikan hasil yang cukup baik dalam mengurangi bau kali.

Upaya rekayasa aliran dengan skema serupa kembali dilakukan pada Rabu dan Kamis, 25-26 Juli 2018 dengan menggunakan 5 mobil pompa berkapasitas masing-masing 160 liter/detik dari BBWS Ciliwung-Cisadane dan 6 mobil pompa berkapasitas 250 liter/detik dari Dinas PU DKI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Presiden Harus Memperpanjang dan Memperkuat Inpres Moratorium Sawit Sebagai Wujud Komitmen Perbaikan Tata Kelola Sawit

Kebun Sawit 2,3 Juta Ha Belum Berbuah

JAKARTA – Kementerian Pertanian (Kementan) mengungkapkan total perkebunan sawit di Indonesia, 

Sembilan Dari 4 Anggota F-Hanura Sudah di PAW

JAKARTA-Fraksi Partai Hanura DPR lewat mekanisme pergantian antarwaktu (PAW) melakukan