Hendri Satrio: Perlu Ada Simbol Gerakan Rakyat Tolak Kecurangan Pemilu 2024

Minggu 12 Nov 2023, 3 : 23 pm
Analis Komunikasi Politik sekaligus Pendiri Lembaga Survei Kedai KOPI Hendri Satrio

JAKARTA-Pengamat Politik Hendri Satrio, mengaku agak sulit mengharapkan netralitas aparat negara apabila melihat salah satu kandidat pilpresnya adalah anak presiden yang sedang berkuasa saat ini.

“Kita harus siap-siap kalau pada kenyataannya pemilu 2024 tidak netral. Nanti saya malah diiketawain karena berharap harap aparat negara netral. Kalau memang presiden mau netral seharusnya saat makan siang bareng capres, Jokowi berkata kepada Prabowo: Untuk menjaga netralitas saya maka saya tidak izinkan Gibran mendampingi Prabowo dan mempersilakan Prabowo mencari cawapres lain,” kata Hendri Satrio (Hensat) dalam konferensi pers dan diskusi media bertajuk Perusakan Baliho Ganjar di Sumut, yang digelar Media Center TPN Ganjar-Mahfud, di Rumah Cemara 19, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 11 November 2023.

Menurut Hensat, apabila menggunakan analogi sederhana maka pihak yang melakukan kecurangan itu biasanya adalah pihak yang sebenarnya lemah dan pasti kalah.

“Dia melakukan kecurangan karena tahu dirinya akan kalah sehingga untuk mencapai kemenangan harus lewat jalan curang,” kata pendiri lembaga Survei Kedai Kopi itu.

Hensat mengatakan, sebaliknya apabila ada pihak yang takut terjadinya kecurangan maka biasanya dia adalah pihak yang sebenarnya kuat.

Namun, kata Hensat, kalau pihak yang kuat ternyata takut adanya kecurangan maka ada kemungkinan pihak yang kuat itu tidak tahu bahwa dirinya mempunyai kekuatan.

Atau tidak tahu bagaimana menggunakan kekuatannya itu.

Hensat memberikan satu contoh kasus kecurangan pemilu yang pernah terjadi di masa orde baru.

Komentar

Your email address will not be published.

Don't Miss

Formasi Baru Direksi PT Taspen

JAKARTA-Kementerian BUMN melakukan penyegaran di tubuh PT Taspen (Persero) untuk

Strategi Intelijen Pengawasan Pemilu

Oleh: Benny Sabdo Pendekatan intelijen sangat strategis bagi fungsi pencegahan