HSG Tertekan Katalis September Slump, Buy ACES, FREN, SNLK dan WEHA

Wednesday 13 Sep 2023, 9 : 39 am
by
IHSG, bursa saham, sekuritas
Ilustrasi

JAKARTA-Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)  pada perdagangan hari ini, masih dibayangi sentimen September Slump, meskipun pada perdagangan kemarin mampu ditutup menguat 0,56 persen ke posisi 6.963.

Penguatan IHSG di perdagangan Senin (11/9) ditopang kenaikan harga pada 303 saham, sedangkan 232 saham tercatat melemah dan terdapat 219 saham yang tidak mengalami perubahan harga.

Nilai transaksi tercatat Rp11,18 triliun atau meningkat dibanding akhir pekan lalu (8/11) senilai Rp10,95 triliun.

Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh organisasi research and trading saham, WH Project, penutupan IHSG pada perdagangan kemarin diakui masih memberikan harapan dan seolah-olah September Slump tidak terjadi.

“IHSG sempat kembali mencoba level 6.900 pada perdagangan kemarin, berakhir pada 6.904 dan rebound di hari itu juga hingga menguat 0,56 persen. Sayangnya, tarikan IHSG terjadi pada 10 menit sebelum penutupan,” ujar analis WH Project, William Hartanto dalam riset harian untuk perdagangan Selasa (12/9).

William menilai, tarikan paksa pada IHSG tersebut telah meninggalkan gap dan biasanya gap ini akan ditutup pada perdagangan keesokan harinya.

Maka, lanjut dia, bukan tidak mungkin pada perdagangan hari ini IHSG dibuka merah tipis hanya untuk menutup gap.

“Lalu, apakah event pasar yang disebut sebagai September Slump ini benar sudah berakhir? Menurut kami belum. Masih terlalu cepat mengambil kesimpulan untuk pergerakan satu bulan, sedangkan saat ini baru memasuki pekan kedua September. Kami masih melihat adanya peluang pelemahan terbatas pada IHSG dan kondisi ini menjadi peluang untuk Buy on Weakness,” papar William.

Secara teknikal, jelas William, indikator MACD dead cross yang mengindikasikan adanya potensi pelemahan.

“Kami masih mempertahankan proyeksi kami bahwa IHSG hanya akan melemah terbatas dan tidak berakhir menjadi downtrend,” ucapnya.

Dia mengatakan, pada perdagangan hari ini IHSG berpotensi untuk bergerak mixed dalam kecenderungan melemah, dengan range pergerakan di level 6.900-7.000.

Sehingga, WH Project merekomendasikan Buy pada saham ACES, FREN, SNLK dan WEHA.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Perusahaan Baja Nasional Didorong Pakai Teknologi RBCS

JAKARTA-Kementerian Perindustrian meminta kepada pelaku industri baja untuk melaksanakan alih

Penguatan Rantai Nilai Halal Nasional Dukung Pertumbuhan Ekonomi

SURABAYA-Bank Indonesia (BI) senantiasa mendorong penguatan rantai nilai halal nasional