IGJ:APEC Memperparah Defisit Perdagangan

Friday 19 Apr 2013, 6 : 04 pm
by

JAKARTA- Pertemuan Tingkat Menteri Perdagangan forum tahunan Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) yang digelar di Indonesia dinilai tidak menguntungkan karena berpotensi memperparah defisit perdagangan nasional Indonesia.

Direktur Eksekutif Indonesia for Global Juctice (IGJ), Riza Damanik, menegaskan, kerangka kerja konektivitas kawasan ekonomi APEC adalah dimaksudkan untuk memperluas liberalisasi perdagangan di Kawasan Asia Pasifik dan memuluskan proposal Trade Facilitation pada Konferensi Tingkat Menteri ke-9 WTO Desember mendatang. “ Laporan Supply Chain Connectivity Initiative APEC 2009 menyebutkan bahwa Konektivitas APEC adalah untuk memperlancar arus perdagangan di kawasan yang dinilai akan menstimulasi pertumbuhan perdagangan hingga 21 miliar dollar AS per tahunnya,” jelas dia.

Riza menambahkan, “pengalaman agenda integrasi ekonomi ASEAN sebelumnya, justru menyebabkan neraca perdagangan Indonesia cendrung mengalami defisit. Pada semester pertama tahun 2013 ini saja sudah tercatat defisit sebesar 402,1 juta dollar SA. Dengan logika yang sama, agenda Konektivitas APEC akan memperparah defisit perdagangan Indonesia.

Karena itu, dia mendesak Pemerintah Indonesia untuk tidak ceroboh mendorong dan menyepakati agenda Konektivitas APEC ini. Sebab agenda tersebut hanya akan memperlancar masuknya berbagai produk impor ke Indonesia. “Pemerintah seharusnya dapat fokus melindungi keberlanjutan ekonomi nasional dengan membatasi keterlibatan investasi asing dalam ekonomi produktif rakyat,” kata dia. 

Seperti diketahui, Forum APEC akan merealisasikan tujuan Bogor (the Bogor Goals) yang dilakukan dengan integrasi ekonomi secara regional dan diharapkan terbangunnya konektivitas diantara negara-negara ekonomi APEC sehingga mampu memfasilitasi perdagangan dengan membangun infrastruktur yang dibutuhkannya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pancasila Inspirasi Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

JAKARTA-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani

IHSG Turun di Bawah Level 7.100

JAKARTA-Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) kembali