IHSG Bakal Teruskan Tren Bearish, Buy GGRM, ISAT, MIKA, AMMN, HEAL dan INDF

Friday 27 Oct 2023, 8 : 45 am
by
Bursa Saham, IHSG, Saham EMTK, Saham TBIG
Ilustrasi

JAKARTA-Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan di akhir pekan ini, diperkirakan kembali bergerak melanjutkan bearish trend, setelah kemarin terperosok hingga 1,75 persen ke posisi 6.714.

Penurunan IHSG di perdagangan Kamis (26/10) terpengaruh oleh peningkatan aksi jual, dengan total volume transaksi sebanyak volume transaksi sebanyak 18,56 miliar saham atau sedikit lebih rendah dibanding sehari sebelumnya 18,68 miliar saham.

Sedangkan, nilai transaksi tercatat Rp10,02 triliun atau meningkat dibanding sehari sebelumnya Rp9,71 triliun.

Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh Tim Riset PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia, penurunan IHSG sejalan dengan berlanjutnya tren koreksi pada sejumlah indeks di bursa Wall Street.

“Kembali terkoreksinya indeks di bursa Wall Street seiring dengan beragamnya hasil kinerja keuangan emiten di Kuartal III-2023.”

Selain itu, tim riset juga menyebutkan bahwa peningkatan kekhawatiran para pelaku pasar terhadap sentimen suku bunga menjadi katalis negatif di pasar saham.

Sementara itu, terkoreksinya beberapa harga komoditas juga berpeluang menjadi tambahan sentimen negatif bagi IHSG.

“IHSG diprediksi akan melanjutkan pelemahan, dengan level support di posisi 6.640 dan 6.565, sedangkan resistance-nya di level 6.790-6.860,” tulis Tim Riset CGS-CIMB Sekuritas untuk perdagangan Jumat (27/10).

Tim riset menyampaikan, key highlight yang perlu menjadi perhatian para pelaku pasar di perdagangan akhir pekan ini adalah, kondisi Wall Street yang berada dalam tren koreksi, terutama disebabkan oleh pelemahan harga saham teknologi berkapitalisasi besar.

Tambahan sentimen negatif pada hari ini, terkait dengan solidnya data pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat pada Kuartal III-2023 sebesar 4,9 persen dari sebelumnya 2,1 persen.

Kondisi ini tentunya memicu kekhawatiran para pelaku pasar bahwa The Fed akan mempertahankan suku bunga tinggi yang lebih lama dari perkiraan.

Untuk perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Tim Riset CGS-CIMB Sekuritas merekomendasikan kepada para pelaku pasar agar mengakumulasi pembelian pada saham GGRM, ISAT, MIKA, AMMN, HEAL dan INDF.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BBTN meraih dua pengahargaan di ajang HR Excellence 2021 sebagai ganjaran positif bagi perseroan yang berupaya mencapai visi Home of Indonesia’s Best Talent

Dana PEN Tersalur Capai Rp54,41 T, BBTN Dipercaya Lagi Salurkan Rp10 T

JAKARTA-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) hingga akhir Mei

Berbahaya Bagi Demokrasi, Airlangga Gaungkan Tolak Politik Uang

JAKARTA- Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, politik harus