IHSG Rawan Terkoreksi di Awal Pekan, Mainkan BRPT, ESSA, KLBF dan BBCA

Monday 9 Oct 2023, 11 : 24 am
by

JAKARTA-Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini diperkirakan rawan mengalami koreksi, meskipun di akhir pekan lalu ditutup menguat 0,2 persen ke level 6.888.

Sepanjang perdagangan Jumat (6/10), IHSG mampu bermain di zona hijau yang ditopang oleh peningkatan aksi beli.

Adapun volume transaksi tercatat mencapai 19,6 miliar saham, namun nilai transaksi hanya sebesar Rp7,95 triliun atau menurun dibandingkan sehari sebelumnya Rp11,24 triliun.

Menurut analis PT MNC Sekuritas, Herditya Wicaksana, sejauh ini posisi IHSG masih tertahan oleh Moving Average-60.

“Saat ini pergerakan IHSG diperkirakan sedang berada pada bagian Wave c dari Wave (ii),” katanya dalam riset Daily Scope Wave untuk perdagangan Senin (9/10).

Dia menjelaskan, pola pergerakan secara teknikal tersebut menunjukkan bahwa pergerakan IHSG di awal pekan ini masih rawan mengalami koreksi, seiring dengan adanya upaya menguji rentang support 6.747-6.820 dan sekaligus menguji Moving Average-200.

“Namun, apabila IHSG masih berada di atas 6.840 sebagai support terdekatnya, maka IHSG masih berpeluang untuk melanjutkan penguatan untuk menguji 6.930-6.950,” papar Herditya.

Terlebih lagi, saat ini market domestik memiliki sentimen positif dari bursa Wall Street yang pada perdagangan Jumat (6/10) ditutup positif.

Indeks Dow Jones ditutup menguat 0,87 persen, S&P 500 menanjak 1,18 persen dan Nasdaq melambung 1,6 persen.

Herditya menyebutkan, saat ini support IHSG berada di level 6.823 dan 6.744, sedangkan resistance-nya pada posisi 6.913 dan 7.046.

MNC Sekuritas merekomendasikan kepada para pelaku pasar untuk menerapkan strategi Buy on Weakness pada BRPT, ESSA dan KLBF, sedangkan BBCA memiliki rating trading Speculative Buy.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Menhan Prabowo Subianto (ketiga dari kanan) didampingi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (ketiga dari kiri) saat melakukan kunjungan kerjanya di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (24/1/2023)/Sumber Foto: Kompas.id

Rendahkan Capres Lawan, Ray Rangkuti: Capres 02 Tidak Gentle

JAKARTA-Aktivis dan Pengamat Politik Indonesia, Ray Rangkuti, menilai sejak debat

BURT: Evaluasi Sistem Keamanan DPR

JAKARTA-Sistem keamanan lingkungan DPR mendapat sorotan tajam. Karena sejumlah peluru