Ikopin University Sambut Tantangan Menuju Indonesia Maju 2045

Sunday 13 Mar 2022, 11 : 23 am
by
Rektor Ikopin University, Dr Ir Burhanudin Abdullah

SUMEDANG-Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung dua tahun menjadi tantangan bagi dunia pendidikan untuk tetap menghasilkan SDM berkualitas.

Karena kreatifitas dan inovasi perlu terus dikembangkan sesuai dengan tantangan zaman.

“Itu sebabnya perubahan Ikopin menjadi universitas salah satu bagian dalam upaya ikut mempersiapkan SDM yang unggul dalam mencapai Indonesia Maju 2045,” kata Rektor Ikopin University, Dr Ir Burhanudin Abdullah melalui daring pada soft launching pergantian nama kampus, di Jatinangor, Minggu (13/3/2022).

Pergantian resmi Ikopin yang semula bernama Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin) menjadi Universitas Ikopin (Ikopin University) berlangsung secara daring via zoom meeting, dihadiri langsung oleh perwakilan dari Kantor Menteri Koperasi dan Ukm, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Jawa Barat-Banten, Bupati Sumedang Doni Ahmad Munir, perwakilan pimpinan bank-bank nasional, Bank Indonesia (BI) gerakan koperasi, pengurus IKA Ikopin, dan kalangan akademis.

“Momentum Indonesia Maju 2045, harus segera disambut dan kita merasa perlu ikut mewujudkan demi kemajuan bangsa,” ujarnya Mantan Gubernur BI ini.

Lebih jauh Burhanudin yang baru saja dilantik sebagai Rektor bersamaan dengan pengangkatan 43 pejabat struktural baru Ikopin University menambahkan perubahan Ikopin menjadi universitas merupakan momentum sejarah sekaligus menjadi tekad bersama yakni tentang masa 5 tahun kedepan harus ada legalicy yang dapat ditinggalkan untuk kemajuan Ikopin University.”

Menurut Burhanudin, ke depan menjadi tugas Ikopin University bagaimana ikut meningkatkan SDM yang bekerja lebih besar dan maksimal sebagai bagian dari mesin ekonomi Indonesia.

“Ada 3 bidang utama yang jadi tugas Ikopin University selaku perguruan tinggi (PT) yakni, membangun SDM yang handal dalam menguasai teknologi, membangun institusi masyarakat yang punya daya saing tinggi dan membangun infrastruktur sosial pendidikan sebagai bagian dari membangun SDM,” paparnya.

Menanggapi resminya menjadi Ikopin University, Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Ikopin Entis Sutisna mengajak seluruh alumni untuk mendukung dan menggaungkan nama Ikopin University diberbagai momen kegiatan maupun di media sosial.

“Kami sebagai alumni menyambut positif dengan perubahan ini. Dan IKA Ikopin siap mendukung kemajuan aktifitas almamater,” tegasnya.

Bahkan Entis mendorong perlunya memperluas program studi baru guna membangun kualitas SDM.

Entis sepakat secara akademika Ikopin University akan melakukan penambahan prodi pendidikan selain jurusan yang sudah ada.

Jurusan baru yang segera dibuka adalah jurusan teknologi pangan (Food Technologi), jurusan agribussines dan jurusan data science.

Sedangkan Ketua Pembina Yayasan Pendidikan Koperasi (YPK) selaku pendiri Ikopin Muslimin Nasution mengatakan pelantikan rektor dan pengangkatan 43 pejabat struktural baru di Ikopin University dalam upaya mengimbangi perubahan yang terjadi baik secara kelembagaan maupun akademis.

Lebih lanjut Muslimin mengingatkan agar Ikopin University mampu mengemban amanat guna mempersiapkan kader-kader koperasi yang handal, seperti yang diamanat para pendiri Ikopin.

“Universitas Ikopin harus bisa membuktikan sumbangsih nyata bagi kemajuan koperasi di masa kedepan,” katanya. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Said Abdullah

Bersama 50 Ribu Kiai dan Santri, Ganjar-Mahfud Panjatkan Doa Keselamatan Bangsa di Gresik

JAKARTA-Sebanyak 50 ribu Kiai dan Santri akan melaksanakan sholawatan dan

Mewujudkan Harmoni Dalam Masyarakat Multikultur

MUNTILAN-Sedikitnya 90 orang muda Katolik  Keuskupan Agung Semarang (OMK KAS)