Incar Rp10,47 Triliun, ISAT Berencana Jual Menara dan Sewakan Lahan

Wednesday 5 May 2021, 7 : 31 pm
by
Ilustrasi

JAKARTA-PT Indosat Tbk (ISAT) berencana menjual 4.247 menara kepada PT Epid Menara Assetco (EMA) melalui proses lelang serta menyewakan 680 bidang tanah, sehingga total nilai transaksi mencapai Rp10,47 triliun atau setara dengan 81,1 persen terhadap ekuitas perseroan per akhir 2020.

Berdasarkan keterangan manajemen ISAT yang Dipublikasikan Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Selasa (4/5) malam, Indosat akan menjual 4.247 menara kepada EMA senilai Rp10,28 triliun, sedangkan sebanyak 4.085 menara yang terjual itu akan disewa kembali oleh ISAT.

Manajemen ISAT menyebutkan, dari keseluruhan menara yang akan dijual, tidak semuanya berada di atas lahan milik pihak ketiga.

Terdapat 680 menara yang berlokasi di lahan milik ISAT dan perseroan belum berencana untuk menjual lahan tersebut.

Sehingga, ISAT harus menyewakan lahan itu sebagai bagian dari rangkainan Rencana Transaksi.

Adapun nilai sewa 680 bidang tanah untuk periode sepuluh tahun adalah sebesar Rp186,34 miliar.

Keterangan manajemen ISAT menyebutkan, rencana transaksi tersebut merupakan transaksi material, karena rencana nilai transaksi itu di atas 50 persen dari nilai buku ekuitas ISAT per 31 Desember 2020.

Berdasarkan informasi yang disampaikan ISAT, manfaat dari transaksi tersebut akan mempercepat tujuan perusahaan dalam meningkatkan layanan kepada pelanggan.

Selain itu, sebagai upaya optimasi struktur permodalan melalui percepatan pembayaran sebagian pinjaman berbunga, sehingga bisa mengurangi biaya bunga pinjaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Harga Beras Mahal

Harga Beras Masih Meroket, Pemerintah Dinilai Tidak Serius

JAKARTA–Permasalahan lonjakan harga beras yang terjadi akhir-akhir ini serta harga

Pesan Dari Roma: Ikatan Kebangsaan NKRI Melemah

ROMA-Ikatan kebangsaan dan spirit ke-Indonesiaan pada saat ini melemah. Alasan