Indeks Keyakinan Konsumen Turun 1,5 Poin

Friday 3 Jul 2015, 2 : 02 pm
by

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan bahwa tingkat keyakinan konsumen pada Juni 2015 melemah dibandingkan bulan sebelumnya, meskipun masih dalam level optimis. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2015 yang tercatat sebesar 111,3, atau turun 1,5 poin dari bulan sebelumnya. Pelemahan IKK tersebut didorong oleh penurunan pada kedua komponen pembentuknya, yaitu Indeks Kondisi Ekonomi saat ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang masing-masing turun sebesar 2,3 poin dan 0,5 poin dari bulan sebelumnya.

Dikutip dari laman bi.go.id, Jumat (3/7), hasil survei juga mengindikasikan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga semakin menurun pada September 2015. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga pada 3 bulan mendatang yang turun 11,9 poin dari bulan sebelumnya menjadi sebesar 162,0. Penurunan tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi pada seluruh kelompok komoditas, dengan penurunan terbesar terjadi pada kelompok bahan makanan dan kelompok sandang.

Sementara itu, sejalan dengan melemahnya ekspektasi penghasilan, responden memperkirakan peningkatan jumlah tabungan 6 bulan mendatang tidak setinggi bulan sebelumnya. Hal ini terindikasi dari indeks perkiraan jumlah tabungan 6 bulan mendatang (Desember 2015) yang tercatat turun 2,1 poin dari bulan sebelumnya menjadi 126,9.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

AGUS GUMIWANG

Ditemukan Penyimpangan 78 Ton Minyak Goreng Curah Bersubsidi

JAKARTA-Menteri Perindustrian (Menperin) dan jajaran Bersama Satgas Pangan Polri melakukan

ASEAN Lokomotif Stabilitas dan Kesejahteraan Kawasan

BOGOR-Indonesia ingin ASEAN benar-benar dapat menjadi lokomotif stabilitas dan kesejahteraan