Inggris Berambisi Kalahkan Jerman

Monday 18 Nov 2013, 3 : 08 pm
by

LONDON – Striker Tim Nasional (Timnas) Inggris Wayne Rooney yakin, “The Three Lions” akan memetik kemenangan saat menjamu Tim Panser Jerman pada laga persahabatan Selasa (19/11) malam waktu setempat atau Rabu (20/11) dini hari WIB nanti di Stadion Wembley.

Kemenangan ini sangat penting guna memulihkan tingkat kepercayaan diri tim Tiga Singa yang anjlok setelah menelan kekalahan 0-2 dari Cile pada akhir pekan lalu di tempat yang sama.

Selain itu, pertemuan ini adalah ujian yang bagus guna mengukur kekuatan Inggris.

Pertemuan nanti adalah yang pertama sejak perjumpaan kedua tim di turnamen resmi Piala Dunia 2010 lalu di Afrika Selatan.

Saat itu, Inggris kalah 1-4 dari Jerman. “Sangat menyenangkan bisa mengalahkan tim mana pun, teristimewa Jerman. Selalu bagus ketika mengalahkan tim sekelas Jerman karena mereka adalah tim besar. Ketika kami mengalahkan Brasil pada Februari lalu, kami sangat percaya diri. Begitupun saat menahan imbang mereka di Rio de Jeneiro pada Juni silam. Tentu saja ini hasil-hasil yang bagus untuk kami,” kata penyerang Manchester United (MU) itu.

Dia melanjutkan, “Penting sekali bagi kami untuk memetik kemenangan pada laga ini, tetapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana kami melakukan apa yang diminta pelatih di atas lapangan. Waktu melawan Cile, kami melakukan sesuatu yang bagus, tetapi mereka mengejutkan kami dengan gaya bermain mereka. Tetapi itu sudah lewat dan kami harus menatap ke depan pada laga hari Selasa.”

Menurut Rooney, pertandingan melawan Jerman akan sangat berbeda dari Cile. Pasalnya permainan Timnas Jerman sama dengan laga-laga Liga Utama Inggris.

“Mereka tim besar dan memiliki sejumlah pemain hebat. Ini ujian besar buat kami. Hal paling besar yang mereka miliki adalah bahwa mereka bermain sebagai sebuah tim. Masing-masing pemain paham apa yang harus dikerjakan. Itulah yang membuat mereka menjadi sebuah tim yang sulit ditaklukkan,” papar Rooney.

Sementara itu, menjelang laga ini, pelatih Inggris Roy Hodgson mengaku pernah ditawari untuk melatih Jerman pada 1990-an.

Tetapi karena masih terikat kontrak dengan Blackburn Rovers, dengan sangat berat hati, Hodgson menolak permintaan tersebut. Selain itu, gagalnya Hodgson melatih Jerman karena ditentang oleh legenda sepakbola negara itu Franz Beckenbauer.

“Teman saya Franz Beckenbauer sangat yakin bahwa seorang pelatih asing tidak akan membantu program latihan Jerman maupun pengembangan pelatih-pelatih muda Jerman. Adalah sebuah kehormatan ketika Braun telepon saya, tetapi saya masih terikat kontrak dengan Blackburn Rovers saat itu. Karena itu nama saya pernah tercantum dalam daftar calon pelatih yang dipegang sang presiden. Ini saja merupakan sebuah kehormatan besar,” kata Hodgson kepada “The Mirror”.

Kini Hodgson kagum karena pelatih lokal Jerman sudah sangat membantu perkembangan sepakbola negara itu. Berkat kerja pelatih lokal, mereka bersama Brasil dan Spanyol menjadi kandidat kuat menjuarai Piala Dunia tahun depan.

Meski demikian, Inggris juga bisa memberi kejutan bagi tim mana pun pada turnamen empat tahunan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Prabowo Akan Jadi Kacung Jokowi Jika Gibran Jadi Cawapresnya

JAKARTA-Direktur Rumah Politik Indonesia  Fernando EMaS menilai Prabowo Subianto akan
Said Abdullah

Ekonomi Global Masih Bergejolak, Banggar DPR: Tim Ekonomi Harus Kerja Ekstra

JAKARTA-Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR, Said Abdullah memperkirakan tekanan